Geger Geden Relokasi PKL Pasar Tanjung Anyar

Baca Juga

Bongkar Paksa Lapak PKL Buah di Jalan KH Nawawi Kota Mojokerto. Rabu 23 Nopember 2022.

MOJOKERTO, Bongkar paksa pedagang kaki lima disekitar kawasan pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto oleh satu satuan setingkat kompi (1 SST) petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan (Diskouperindag), Dinas Perhubungan, DLH, Polres Mojokerto Kota, Kodim 0815, Polisi Militer Kodam V Brawijaya Rabu, 23 Nopember 2022. 

Dikatakan oleh Kepala Dinas Satpol-PP Kota Mojokerto Jawa Timur Moedjari, para pedagang kaki lima sudah diberikan kesempatan waktu 3 bulan untuk pindah dari jalan KH Nawawi, Jalan Residen Pamudji dan HOS Cokroaminoto. Mereka sudah sering diajak diskusi dan sosialisasi. Mereka juga ditempatkan di pasar rakyat yang telah direvitalisasi. "Satpol-PP hanya menjalankan peraturan daerah saja. Terkait, penataan pedagang itu instansi Diskouperindag," kata Moedjari kepada wartawan.

Kadis Satpol PP Moedjari

Sementara pedagang buah yang terdampak sterilisasi atau relokasi, Suwardi mengatakan. Para pedagang kaki lima ini ibarat tetes embun mencari nafkah dikawasan pasar induk. Sebagai pedagang, otomatis kami berdagang dikawasan ramai pembeli. Dimana itu, ya dekat pasar induk (red, pasar Tanjung Anyar). Apakah dengan relokasi ini, Pemkot Mojokerto bisa menjamin bahwa, dagangan kami akan laku. Apalagi itu di pasar baru, tempat baru yang belum familiar dari pembeli," kata ia.

Pimpinan Dewan Kota Mojokerto Sonny Basuki Raharjo mengatakan, relokasi pedagang lokal atau pedagang buah lokal jauh dari pasar induk atau pasar Tanjung Anyar, itu kurang relevan. Pasalnya, mereka pedagang lokalan, bukan berdagang buah import. Relokasi juga tidak ada jaminan dagangan mereka akan laku. Apalagi itu dagangan buah, bukan pakaian. Harus bisa dijual cepat habis, kalau tidak laku, dagangan buah mereka akan busuk," ujar pimpinan Dewan Kota itu.

Jangan mengejar target atau program manakala rakyat menjadi korban juga. Harusnya kajian revitalisasi pasar, dengan perencanaan matang. "Saya nggak yakin, relokasi itu akan mensejahterakan rakyat,"tegas ia.

Kadis Satpol PP Moedjari

Sementara Kepala Dinas Satpol-PP Moedjari, mengatakan untuk tindakan penertiban relokasi pedagang di KH Nawawi dan sekitarnya akan dijaga selama 3 hari. Agar, cepat kelar dan tidak ada lagi pedagang yang berjualan lagi,'' terang ia. (DI)




DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS