INI KRETERIA PENILAIAN KIRAP PANCASILA

Baca Juga

Ilustrasi ; Pawai Kirab Pancasila

MOJOKERTO, Kirab Pancasila Kota Mojokerto memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 berlangsung meriah. Parade yang diikuti puluhan lembaga SD dan SMP negeri ini bakal disambut antusias oleh warga Kota Mojokerto.

Menurut Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Mudjoko masing-masing kelompok jenjang pendidikan akan bersaing untuk memperebutkan jadi peserta terbaik. ’Penampilan Kirab Pancasila dari titik pemberangkatan hingga finish akan dinilai oleh tim juri.

Kirab ini merupakan harmonisasi dan karena bertemakan Pancasila. Menurut Joko, penilaian harmonisasi mencakup kekompakan dan keselarasan dari rangkaian barisan Kirab Pancasila.

Barisan pengibar bendera di urutan paling depan. Kemudian disusul barisan pembawa lambang Pancasila. Sedangkan di barisan paling akhir akan menampilkan seni dan budaya khas sekolah masing-masing. ’’Tiga barisan ini harus harmoni. Apabila peserta kompak dan serasi, maka juri akan memberi penilaian lebih,’’ jelasnya.

Peserta juga bisa mendapat poin tambahan dari sisi kreativitas. Dengan demikian, setiap peserta bisa menampilkan kreasi untuk memikat dewan juri. Kreativitas yang ditampilkan tetap harus tetap berkaitan dengan semangat yang diusung dalam Kirab Pancasila. Yakni terkait nasionalisme, patriotisme, maupun kreasi seni dan kebudayaan daerah.

Titik start di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Kirab Budaya akan diberangkatkan Sabtu, (1/10) pukul 14.00. Kirab akan melalui rute sepanjang 2,5 kilometer melewati Jalan Bhayangkara. Perjalanan berlanjut menuju Jalan PB Sudirman hingga Jalan Letkol Sumardjo. Kirab akan berakhir di Rumah Rakyat atau Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto di Jalan Hayam Wuruk.

Kegiatan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini juga didukung Dikbud Kota Mojokerto, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Negeri Kota Mojokerto, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), dan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto. (yud)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS