SPRINTER INDONESIA JUARA DUNIA CATAT WAKTU 10,18 DETIK KALAHKAN SPRINTER AMERIKA

Baca Juga


Lalu Muhammad Zohri (tengah) saat berlaga di nomor 100 meter putra Kejuaraan Dunia U-20, di Finlandia, Rabu (11/7).


SPRINTER LALU MUHAMMAD ZOHRI, asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, keluar sebagai juara dunia lomba lari 100 meter di Finladia. Setelah menyisihkan para pesaingnya dari negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Lalu Muhammad Zohri berhasil menjadi juara di nomor bergengsi 100 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 cabang yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7) malam waktu setempat. Zohri berhasil masuk finis dengan catatan waktu 10,18 detik, mengalahkan dua pelari U-20 terbaik Amerika Serikat (AS) Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan waktu 10,22 detik.

Lalu sekaligus memecahkan rekornas junior atas nama dirinya dari 10,25 menjadi 10,18 detik. Bahkan rekor Lalu ini mendekati rekornas level senior yang masih dipegang Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10,17 detik.

"Saya merasa bangga bisa memberikan hasil yang terbaik untuk bangsa. Ini juga menjadi modal saya untuk berlaga di Asian Games 2018 saat negara kami menjadi tuan rumah," kata Lalu dalam laman IAAF.

Dalam cabang utama 100 meter final, semua mata penonton di stadion awalnya tertuju pada jalur pusat yang ditempati duo AS. Namun demikian, Lalu Muhammad Zohri sekali lagi membuktikan bahwa selalu tidak bijaksana untuk mengabaikannya jalur terakhir atau jalur kedelapan yang ditempatinya.

Dalam 32 tahun sejarah Kejuaraan Dunia Atletik U-20 IAAF, penampilan terbaik seorang atlet Indonesia adalah finis kedelapan di 100 meter heat pada edisi perdana 1986. Tetapi, itu semua berubah pada Rabu malam dengan kehadiran sosok sprinter tercepat Indonesia Lalu Muhammad Zohri. Zohri memberikan surprise kepada dunia atletik  yang tampil luar biasa.(*)
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS