BANJIR DI KENDARI MENCAPAI 1,5 METER

Baca Juga

Kota Kendari




‘’ Mungkin Tuhan mulai bosan
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang’’

Bait – bait penggalan lagu berita kepada kawan dari Ebit G. Ade.
Kalau kita renungkan ada benarnya. Namun kita tidak peduli dengan teguran ini.
Kota Kendari hari ini dilanda banjir setinggi 1,5 meter. Curah hujan lebat membuat sungai Wanggu tidak mampu menampung luapan air yang deras.

Dan, banjir terjadi tidak hanya sekali. Kota Kendari telah menjadi langganan banjir. Namun mengapa pemkot setempat diam.

Kali Wanggu dan beberapa wilayah lainnya seperti Anduonuhu meluap, warga pun harus mengungsi ke tempat aman.

Curah hujan dengan Intensitas tinggi selama dua hari berturut-turut membuat Kali Wanggu meluap. Drainase buruk belum ada perbaikan.

Saat ini tercatat lebih 200 rumah di Kota Kendari terendam.

Kepala Dinas Sosial, Hamsir Madjid mengaku pihaknya sudah berada di lokasi langganan banjir itu sejak sepekan terakhir. Menyiapkan tenda-tenda darurat korban banjir.

“Sudah satu minggu disini kita siaga banjir di seputaran Kali Wanggu. Hari ini sudah naik airnya. 54 rumah cukup parah dari lebih 200 rumah yang terendam, ” katanya Dia

Sementara Plt. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir bersama sejumlah anggota dewan memantau langsung kondisi Kali Wanggu siang tadi. “Untuk penanganan jangka pendek kita sudah lakukan, ada Dinsos, ada BPBD yang sudah bertindak, menyiapkan segala sesuatunya, ” ujar Dia.

Kondisi Kali Wanggu sudah mengkuatirkan, tidak mampu menampung luapan air.  “Beberapa tanggul baru, juga rusak tergerus banjir. ( * )


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD