RUMAH PINTAR = RUMAH EDUKATIF PEMILU

Baca Juga





detakinspiratif.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur bakal berlangsung tahun 2018 mendatang. Ini membuat Komisi Pemilihan Umum di sejumlah daerah mulai berbenah.


Seperti KPUD Kabupaten Mojokerto yang telah bersiap menyambut pesta demokrasi rakyat Jawa Timur.


Untuk mensukseskan dan menekan angka Golput Pilkada mendatang, KPUD Kab. Mojokerto telah mempersiapkan banyak hal. Misalnya, mereka membuat rumah pintar pemilu.


Rumah pintar yang berisi berbagai fasilitas mulai dari contoh bilik suara yang menyerupai Tempat Pemungutan Suara (TPS), film dan buku tentang mekanisme dan prosedur pemilihan umum.


"Semuanya ini sangat baik sebagai pembelajaran bagi pemilih pemula. Sebab di rumah pintar itu mereka dapat belajar bagaimana proses pemilihan umum mulai dari alat pencoblosan hingga rekapitulasi suara," ujar Ketua KPU Propinsi Jatim, Eko Sasmito kepada Detak Inspiratif Rabu, 19 Juli 2017 dikantor KPUD Kab. Mojokerto.


Eko Sasmito menjelaskan pihaknya sangat berharap masyarakat umum dapat memanfaatkan rumah pintar pemilu ini secara maksimal. Sebab, semuanya itu adalah untuk mempersiapkan Pilkada Jawa Timur dan PILPRES 2019 yang akan datang.


"Untuk anggaran rumah pintar pemilu ini bersumber dari APBN yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar mekanisme pemilihan umum," ungkapnya.


Eko Sasmito juga menandatangi prasasti rumah pintar pemilihan umum.

"Rumah pintar pemilu ini nantinya untuk mengedukasi masyarakat khususnya pemilih pemula untuk belajar cara memberikan hak suara melalui pemilihan umum," tuturnya. 


Eko Sasmito juga menjelaskan, estimasi pemilih pilgub Jatim nanti 32 juta lebih, 77,5 %. Dasarnya pemilu Jatim terakhir dan pilpres kemarin.


Pada tahun ini Jawa Timur selain punya gawe pilgub, juga punya gawe 18 pilkada daerah walikota / bupati,"jelas Eko Sasmito. ( Mj -1 )


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD