MEGAHNYA STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO

Baca Juga






detakinspiratif.com - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno ( SU GBK ) sudah menunjukkan hasil, menuju wajah baru menjadi smart stadium.

Perbaikan SU GBK akan dipakai untuk Asian Games 2018 itu direncanakan selesai pada Oktober mendatang.


Pengerjaannya sudah mencapai 62 persen. Pemasangan bangku stadion sudah mulai dilakukan. Ada tiga warna bangku yang dipasang. Merah, putih, dan abu-abu yang membentuk suatu corak di tribune.

Di tribune atas sisi barat dan timur sudah terpasang rapi. Bangku di tribune bawah sudah mulai dipasangi.

"Kapasitas stadion menjadi 70 ribu lebih, berkurang dari kapasitas sebelumnya. Yang dulu pakai bangku panjang, kini berganti dengan single seat. Urusan ticketing nanti menjadi lebih bagus. Bangku-bangku didesain Jerman, pabriknya dari China," kata project manajer renovasi SUGBK, Wikrama Wardana.

Usai renovasi, SUGBK akan menjadi smart stadium dengan beberapa fasilitas kelas satu. Lampunya akan lebih terang dibandingkan sebelumnya, juga ada kamera pengawas yang akan memantau pergerakan dari semua orang yang beraktivitas di sana. Soal ticketing, ada juga perbaikan.



"Dari segi fasilitas, akan menjadi smart stadium. Untuk penerangan lux-nya sampai 2.500 Watt. Untuk CCTV juga dipasang yang terbaik dengan merk Avigilon. Kelebihan merek ini adalah jika ada kejadian kalau disorot itu sampai ke wajah. Sound system menggunakan TOA. Sementara papan skornya menggunakan Seiko," jelas Wikrama.

"Ada banyak keunggulan lagi, di ticketing nanti sejak ring satu setiap pemegang tiket sudah kelihatan wajahnya, ring dua juga. Sistemnya sudah e-ticketing. Mudah-mudahan itu (tak ada calo lagi)."



"Untuk lintasan atletik sedang dalam proses pengaspalan. Setelah itu akan dipasang rekortan, yang seperti rumput sintetis. Rekortan ini akan dipasang langsung teknisi dari Belanda," tambahnya.

Tujuan dari semua teknologi itu adalah untuk memudahkan penonton saat menyaksikan acara atau pertandingan olahraga di SUGBK.

"Keunggulannya adalah semua pakai teknologi, jadi orang masuk nanti bisa saja memakai HP saja. Tujuannya dari PPK GBK agar mereka bisa tahu harus parkir di mana, tujuanya akan sampai ke sana," papar ia.

"Stadion ini kelas satu level lima. Maksudnya kelas satu untuk dalam hal ticketing, sound sistem, lapangan bolanya, lintasan atletiknya. Level lima itu kemiringannya," imbuhnya.



Proses renovasi GBK memakan dana sebesar 769 milyar.

"Lampunya nanti kelas satu di dunia, jadi kalo main bola tidak terlihat bayangannya," kata Project Manager SUGBK, Wikrama Wardana saat di GBK.

Selain itu, dengan penggunaan tata lampu (lighting) berkelas, semua pasokan listrik akan ditingkatkan, pengunaan genset akan ditingkatkan.

"Listrik kita naikin, genset juga kita naikin, 100 persen," katanya.

Dari sekian perubahan yang nantinya akan mempercantik stadion kebanggan jakarta ini, menurut Wikrama lampu pemcahayaan yang paling mahal




"Lampu yang paling mahal karena pencahayaan, mute dan harga dan kualitas dunia," katanya.

Saat ini stadion yang dibangun menjelang Asian Games 1962 itu hampir menyelesaikan pekerjaan penutupan lantai tribun penonton baru kemudian tahap pemasangan kursi.



"Saat ini pengerjaan kami masuk dalam pengerjaan tribun yang sudah hampir selesai. Artinya coacting tribun atas sudah akan rampung dan akan mulai dipasang kursi," ungkap Wikrama.

Untuk kursi tribun penonton SU GBK didatangkan dari Jerman, Sampai saat ini sekitar 40 ribu kursi yang sudah tiba, 40 ribu kursi lainnya masih ditunggu. Sementara pada lapangan proses pengerjaan sudah memulai penanaman rumput Zaysia matrela atau lebih dikenal dengan sebutan rumput manila.




Dalam waktu dekat, SU GBK juga akan memasang lift yang ditempatkan di sebelah selatan dan timur barat stadion.

"Untuk pengerjaan lift kami sudah melakukan pembongkaran, passenger lift dan gensetnya sudah masuk. Rencananya, akan ada empat unit lift di sisi barat dan timur. Masing-masing dua," ungkap ia.

Di samping tambahan lift, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPK GBK Gatot Tetuko mengatakan SUGBK akan dilengkapi sejumlah fasilitas dengan kualitas muktahir.

"Selain ada penambahan empat lift, untuk peralatan keamanan juga akan kami tambah. Perangkat IT broad band wifi dengan high speed, kemudian untuk mengontrol stadium menggunakan building management system yang advance, lighting juga advance di dunia. Jadi akan banyak perubahan dari segi teknologi yang membuat secure, aman, dan nyaman," ungkap dia.



Dengan, PPK, MK dan Kontraktor Terintegrasi menghasilkan SU GBK yang, Lighting terbaik didunia (meski harus ada cable tension), 3500 lumen, Track Atletik Class 1.

Hanya ada 3 di Asia, dan hanya ada 1 di Asia Tenggara. Seat 80.000, jumlah terbesar di Asia Tenggara dan masuk 5 besar dunia. Solar PV panel stadion dgn daya terbangkitkan pertahun hingga 760 MWh (no 2 di dunia).


Smart stadium, smart ticketing dgn full height gate and turnstiles kualitas Dorma Kaba (setara stadion Allianz, Ajax, Stade de France)

Stadium dengan fasilitas kaca tahan peluru kaliber 7.62 di Royal box (hanya ada 3 didunia).



CCTV dan Server dgn kemampuan Face Recognition dan crowd atau traffic analysis, yg mampu mengawasi pergerakan orang atau traffic serta bisa diintegrasikan dengan tim anti teror Mabes Polri.

Tidak ada biaya konstruksi yg overshoot (melebihi pagu), serta dapat dinilai kewajaran harganya sesuai peraturan yang berlaku. ( red / B – 1 )





DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD