TIDAK RELA KAMPUNGNYANDIJADIKAN TUMBAL ASAP PABRIK BAJA

Baca Juga

ASAP PABRIK BAJA MJM MEMBUAT KESEHATAN WARGA TERGANGGU

Warga Desa Tambak Agung Puri Mojokerto Unras di Pabrik Baja MJM

UNCLEOWOB.COM - Ratusan warga Desa Tambakagung, Kecamatan Puri berunjuk rasa di depan PT Manna Jaya Makmur (MJM) di Jalan Raya Pacing-Dlanggu Km 2, Kabupaten Mojokerto, Selasa (10/1/2017). Massa menuntut pabrik baja itu menghentikan polusi asap yang selama ini mengganggu kesehatan warga.

Dikawal puluhan polisi, warga menggelar orasi di depan pintu masuk PT MJM. Tak hanya kaum pria, ibu-ibu rumah tangga pun tak mau ketinggalan menyuarakan aspirasinya. Selain dibentangkan, massa juga memasang spanduk bertuliskan "Kami Bukan Nyamuk Jangan Diasapi" di pagar depan pabrik baja tersebut.

"Kami menuntut janjinya PT MJM memperbaiki cerobong asap supaya tak menggagu kesehatan warga. Karena mengandung logam berat," kata Koordinator Aksi, Filla Muji Utomo di lokasi.

Kades Tambak Agung Filla Muji Utomo

Pria yang juga menjabat Kepala Desa Tambakagung ini menjelaskan, polusi udara menyerang warganya sejak sekitar 10 tahun yang lalu. Asap hitam hasil peleburan baja itu menyembur dari cerobong asap pabrik mengarah ke Desa Tambakagung di belakang pabrik.

"Polusi asap sudah berlangsung 10 tahun lebih. Mengakibatkan warga mengalami sesak nafas dan hasil pertanian warga turun drastis," ungkapnya.

Sebagai pimpinan desa, tambah Filla, upayanya untuk meminta tanggung jawab dari PT MJM atas pencemaran itu dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Puncaknya pada 1 Desember 2015, pabrik baja dengan warga membuat surat perjanjian yang berisi komitmen pabrik menghentikan polusi asap dalam waktu setahun.

"Kami kecewa dengan janjinya PT MJM menghentikan asap ternyata sampai setahun lebih tak terealisasi. Kalau tak bisa mengentikan polusi kami minta pabrik tutup produksi," tandasnya.

Kendati berorasi satu jam lebih di depan pabrik, tak seorang pun perwakilan manajemen yang menemui massa. Keamanan pabrik justru menutup pintu rapat-rapat tak mengizinkan selain karyawan masuk ke dalam pabrik. Sehingga sampai saat ini belum ada penyataan resmi dari PT MJM terkait tuntutan warga Tambakagung.
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD