MENDES PDTT HALIM ISKANDAR KUNJUNGI DESA PUGERAN GONDANG

Baca Juga

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bersama Kades Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Muhammad Arief. Selasa 23 Nopember 2021.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Selasa 23 Nopember 2021. 

Kunjungan Gus Halim sapaan akrabnya, akan merestui pembangunan pasar rakyat Majapahit milenial di Desa Pugeran. Gus Halim juga mengatakan, pihaknya akan fokus mengurangi kesenjangan sosial pada 2021.

Diungkapkan oleh Kepala Desa Pugeran Muhammad Arief kepada "Detak Inspiratif ". Dirinya bercita cita mensejahterakan warganya dengan membangun pasar rakyat Majapahit milineal di tanah kas desa (TKD) setempat. Dimana pasar rakyat Majapahit milineal itu akan dikelola oleh BUMDES. 

Guna mengetahui sejauh mana, Kepala Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur ini dalam membangun pasar rakyat Majapahit milineal itu, DETAK INSPIRATIF telah melakukan wawancara dengan Muhammad Arief. 

DETAK INSPIRATIF (DI) dan Muhammad Arief (MA) berikut wawancaranya;

(DI) : Bagaimana anda mengembangkan TKD untuk bisa mensejahterakan warga masyarakat Desa Pugeran ini?

( MA) : Awalnya saya banyak belajar dari rekan Kepala Desa, yang mampu mengubah desanya yang tidak punya penghasilan untuk menambah pendapatan asli desa (PAD), menjadi makmur.

(DI) : konsep apa yang anda tawarkan kepada  BPD dan tokoh masyarakat serta tokoh desa Pugeran, bahwasanya TKD yang saat ini kurang berdaya bisa menjadikan sumber penambahan PAD Desa serta bisa membuka peluang kerja warga desa itu sendiri. Dengan membangun pasar rakyat Majapahit milineal?

(MA) : Kami menawarkan wisata pasar rakyat Majapahit milineal. Pasar tradisional itu nantinya, kita sulap menjadi pasar induk untuk para pedagang, petani yang menjual hasil buminya ke pasar rakyat Majapahit milineal Desa Pugeran. Otomatis, warga tidak perlu jauh-jauh lagi menjual ke pasar induk ke Kota lain. Cukup di desa sendiri. Nanti nya, kita berdayakan warga desa Pugeran ikut mengelola, ikut memiliki, ikut handerbeni. Sehingga terciptalah lapangan pekerjaan. Dengan demikian PAD Desa Pugeran bisa ada peningkatan. Kita ciptakan, kita desain pasar dagang, menjadi pasar wisata. Pembeli dan pedagang dalam melepas lelahnya, bisa menikmati wisata buatan. Kita ciptakan ruang mainan anak, tempat swa photo (selfie), serta wisata buatan lainnya. Kita juga membuat market place pasar rakyat Majapahit Desa Pugeran. Dengan digitalisasi, pasar penjualan bisa dengan menggunakan medsos. 

(DI) : Bagaimana reaksi Mendes PDTT, Gus Halim setelah konsep proposal desain pasar rakyat Majapahit milineal yang anda ajukan itu?

(MA) : Dengan kehadiran beliau ke Desa Pugeran, insyaallah di ACC.  Rencananya, beliau akan datang ke Desa Pugeran kembali tanggal 10 Desember 2021. Sekaligus menggelar Haul orang tuanya.

Beberapa Desa di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur saat ini, telah mampu mandiri dan berkembang dengan baik. Seiring dengan program program dari Mendes PDTT. (Mj-2)








DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS