BHAYANGKARA PRESISI DAN JAKARTA BIN MERAIH KEMENANGAN TELAK DI LAGA AKHIR FINAL FOUR PROLIGA PLN MOBILE SERI SEMARANG

Baca Juga

BERGEMBIRA : Tim Jakarta Bhayangkara Presisi Usai Tundukkan Jakarta STIN BIN dengan skor 3-0 di partai final four Proliga PLN Mobile 2023 putaran dua pertama di GOR Jatidiri Semarang Jateng, Sabtu 4 Maret 2023.(photo Bernadus Wijayaka humas PBVSI)
EKSPRESI ;Tim Jakarta BIN Ketika Berlaga melawan seniornya,  Tim Bandung Bank bjb Tanda Mata di final four putaran dua seri Semarang Sabtu 4 Maret 2023. (Photo Bernadus Wijayaka humas PBVSI)

SEMARANG,  Jakarta Bhayangkara Presisi bikin Jakarta STIN BIN tak berkutik. Hernanda dkk membuat Farhan Halim dkk harus mengakui kekalahannya dengan skor telak 3-0 (25-18, 25-22, 25-21) diputaran dua final four kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 yang digelar di GOR Jatidiri Semarang, Sabtu (4/3/2023). 

Dengan dua kemenangan ini, tim milik Polri ini naik setingkat klasemen sementara final four dari peringkat ketiga ke peringkat kedua, menggeser Jakarta STIN BIN, dengan poin delapan dari empat laga, dua kali menang dan dua kalah.

Sedangkan bagi STIN BIN ini bertanding di GOR Jatidiri Semarang bukan milik. Sehari sebelumnya, STIN BIN ditundukkan LavAni 1-3 pada akhir putaran satu. Sehingga menyebabkan gagal meraih juara putaran satu final four.

Libero Bhayangkara Presisi

Asisten pelatih Bhayangkara, Ayip Rizal mengaku bersyukur timnya bisa memetik tiga poin dalam laga ini. Kemenangan ini, lanjutnya,  merupakan hasil evaluasi dari laga-laga sebelumnya.

"Pertandingan hari ini banyak yg sudah dibenahi. Disampaikan kepada para pemain agar bermain enjoy dan percaya diri pada kemampuan masing-masing," tandas mantan pemain nasional itu kepada wartawan usai laga.

Salah satu bintang tim Bhayangkara, Hernanda Zulfi, mengatakan kalau timnya mempelajari dari pertandingan sebelumnya. "Kita semangat terus dan yakin pada kemampuan kita di luar dan di dalam lapangan," kata Hernanda.

Sementara itu, pelatih STIN BIN, Alessandro Ferreira Fadul mengakui tim asuhannya banyak melakukan kesalahan pada servis dan receive, terutama pada set pertama. 

"Itu sangat berpengaruh terhadap pertandingan selanjutnya dan mental pemain," ujar pelatih asing asal Brasil itu. 

Sementara dibagian sektor putri, kembali terjadi kejutan yang menggemparkan. Tim Putri favorit juara di kompetisi bola voli Proliga 2023 sekaligus juara bertahan Proliga 2022 Bandung bank bjb Tanda Mata, bertekuk lutut dengan Tisya Amalia dkk dari Jakarta BIN dengan skor 3-0  (28-30, 24-26, 15-25). Sehari sebelumnya, anak asuh coach Alim Suseno ini mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron dengan skor telak 3-0. 

OPENSPIKE: Tome Fernanda Davis Jakarta BIN

Fenomena aneh, di jagad kompetisi bola voli Proliga PLN Mobile 2023 ini, persis seperti anomali cuaca yang tidak dapat diprediksi. Masing masing tim menyisakan laga tanding final four di Kota Solo. 

Tim yang ditangani coach Alim Suseno ini, setiap kali berhadapan dengan Jakarta BIN Bermainnya selalu hambar alias adem ayem tak bergairah. Tanda tanda seperti itu terlihat sejak di putaran dua reguler di gelar di Gresik, Malang dan Yogyakarta. Namun Wilda dkk akan tampak bersemangat dan punya obsesi mengalahkan lawan manakala berhadapan dengan tim seperti Jakarta Pertamina Fastron, Gresik Petrokimia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Elektrik PLN.

Entahlah, apa penyebab yang merasuki skud anak asuh coach Alim Suseno itu. Meski menelan kekalahan telak dari Jakarta BIN, posis bjb tidak bergeser dipemuncak klasemen sementara dengan meraih tiga kemenangan dan satu kekalahan dengan nilai 7.

Sedang bagi tim Jakarta BIN, kemenangan ini menaikkan posisi BIN di klasemen sementara dari peringkat ketiga menjadi kedua. Dengan poin enam, dari dua kali menang dan dua kalah.

Asisten pelatih Jakarta BIN, Alam Hadi Kosasih mengatakan kemenangan atas juara bertahan ini merupakan hasil evaluasi yang bisa diperbaiki. "Memang ada beberapa mis dari sisi pertahanan block," lanjut Alam.

Dikatakan Shintia Alliva Mauludina, kemenangan timnya merupakan permainan yang ceria dan santai. "Kita semua main ceria dan santai," tukas Shintia.

Pelatih kepala bjb, Alim Suseno mengakui kalau anak asuhnya  bermain terlalu lengang. "Dan juga anak-anak banyak membuat kesalahan sendiri sehingga untuk bergerak sulit," ucapnya. Dan ini, tandasnya, akhirnya berlanjut ke set berikutnya. Hal senada dikatakan Tiara Sanger tosser bjb, ia mengakui kalau permainannya tidak sesuai dengan waktu latihan.(*/DI)


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS