Dinas P & K Kota Mojokerto Gugah Semangat Kepahlawanan Siswa

Baca Juga

Pelajar SMPN 2 Kota Mojokerto Jawa Timur, Gelar Teatrikal Kolosal Hari Pahlawan. 

MOJOKERTO, Aksi teatrikal yang digelar SMP Negeri 2 Kota Mojokerto tampak sangat mengesankan. Ratusan pelajar di sekolah tersebut menggelar drama kolosol bertajuk kepahlawanan. Menanamkan nilai-nilai kepahlawanan sejak dini.

Dinas Pendidikan dan Kebudayan (P dan K) Kota Mojokerto menggaungkan semangat Kepahlawanan pada siswa. Dalam momen Hari Pahlawan 10 Nopember 2022 ini organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi pendidikan tersebut mengajak para pelajar di daerahnya menggelorakan semangat pahlawan dalam memperjuangkan nilai-nilai sejarah yang ditanamkan para pejuang dalam mempertahankan negeri ini.

“Alhamdulillah sekolah ada yang mengadakan teatrikal, karnaval, fashion show, tari. Pokoknya apa saja yang dihubungkan dengan hari pahlawan. Kami membebaskan kreasi anak-anak. Silahkan berkreasi memperingati Hari Pahlawan melalui pakaian-pakaian bertemakan perjuangan,” kata Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid. 

Amien Wachid Kadis P & K Kota Mojokerto Jawa Timur

Mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup itu mencoba menanamkan semangat perjuangan melalui kegiatan-kegiatan siswa tersebut. Bahwa momen 10 Nopember yang setiap tahun diperingati adalah hari dimana para pejuang negeri ini mempertahankan tanah tumpah darahnya. “Kami mengingatkan kepada anak-anak, ini loh hari pahlawan,” ungkapnya.

Disisi lain, Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Mojokerto, Mulib mengatakan, digelarnya teatrikal sejarah 10 November bertujuan agar para siswa mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Anak-anak zaman sekarang itu biar tahu betapa perjuangan para pahlawan dulu itu tidak mudah. Melalui drama kolosal yang kami gelar ini mereka biar melihat langsung, Ini sekaligus implementasi kurikulum merdeka,” tandas Mulib.

Sosok Muhammad Altaf, siswa SMPN 2 Kota Mojokerto yang memerankan sosok Bung Tomo dalam teatrikal sejarah 10 November tampil mengesankan dalam momen tersebut. Dengan segenap hati ia meneriakkan usir penjajah dari negeri ini. Dihadapan ratusan pasang mata yang menontonnya, Atlan mengaku sangat senang dan berkesan memerankan salah satu pejuang bangsa.

“Sangat senang, saya jadi bisa melihat secara langsung perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Meski hanya dalam drama, tapi saya bisa merasakan semangatnya,” ungkapnya.

Sementara itu di sejumlah sekolah lain juga turut memeriahkan peringatan hari pahlawan melalui pawai, hingga fashion show menggunakan kostum perjuangan. (yud)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS