GERINDRA BAWA MISI MAJAPAHIT, PKB OPTIMIS TETAP PEGANG PALU, DEMOKRAT BAWA SENYUMAN, UMMAT INGIN MEMBUAT KEJUTAN

Baca Juga


MOJOKERTO, Sebanyak tujuh partai politik (parpol) mengajukan bakal calon legislatif (bacaleg) ke kantor Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, Sabtu (13/5/2023). PKB memilih mengendarai vespa, sementara Partai Gerindra mengenakan udeng dan selempang Majapahitan.


Partai Gerindra datang lebih dulu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), puluhan caleg ini mengenakan udeg dan selempang. Para bacaleg tersebut juga mengenakan pakaian kebesaran Ketua Umum Prabowo Subianto yakni baju safari berwarna putih bersaku empat dengan celana cream.


Rombongan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Mojokerto ini mengendarai vespa dari kantor DPC PKB Kabupaten Mojokerto di Desa Kenanten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Iring-iringan partai besutan Muhaimin Iskandar ini datang ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto di Desa Sooko, Kecamatan Sooko.

Ketua DPC PKB Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuhro mengatakan, bacaleg yang diajukan ke KPU Kabupaten Mojokerto lengkap seluruh daerah pemilihan (dapil) penuh yakni, 50 orang sesuai jumlah kursi. “Prosentase keterwakilan perempuan ada 28 orang, 22 orang laki-laki. Berarti kuota perempuan lebih atau 56 persen,” ungkapnya.


Menurutnya, PKB tidak kesulitan mencari caleg perempuan. Sementara caleg milenial dibawah 35 orang, lebih dari separuh. DPC PKB Kabupaten Mojokerto menargetkan 15 kursi. Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto ini optimis DPC PKB Kabupaten Mojokerto mampu memperoleh 15 kursi.


“Dari 50 caleg yang ada tidak ada yang bersinggungan, sudah mewakili seluruh kalangan yakni kalangan muda, kalangan menengah dan kalangan perempuan. Caleg punya basis sendiri-sendiri. Nggak sih (bareng dengan partai koalisi, Gerindra). Karena hari ini serentak PKB, jadwalnya sore,” ujarnya.

Dalam pengajuan bacaleg PKB ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto mengendarai Vespa. Karena, PKB menilai Vespa mewakili semua kalangan. Semua suka vespa sehingga vespa mewakili semua kalangan. Terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) 2024 mendatang, PKB akan melihat hasil Pileg terlebih dahulu.


Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Mojokerto, Hidayat mengatakan, siap mengajukan 50 caleg. “Secara administratif, kita daftarkan 50 caleg. 17 caleg milenial atau 32 persen, perempuan 38 persen. Sudah memenuhi aturan PKPU yang mendorong kita memberi ruang perempuan untuk ikut nyaleg,” ujarnya.


DPC Partai Gerindra Kabupaten Mojokerto menargetkan sembilan kursi di parlemen atau naik 200 persen dari perolehan kursi di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu yakni tiga kursi. Dengan modal konsolidasi yang kuat, memiliki calon presiden (capres) yang trend naik sehingga optimis meraih sembilan kursi.


“Ini kebetulan saja (bareng dengan partai koalisi PKB), jadi ini ada chemistry. Di mana di DPP sudah ada kerjasama, KIR = Koalisi Indonesia Raya. Di Mojokerto tanpa kita schedule, berada di jam yang sama. Ini luar biasa,” tegasnya.


Tujuh parpol yang mengajukan bacaleg ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto di hari ke-13 yakni Hanura, PSI, PBB, Partai Ummat, PKB, Partai Demokrat dan Partai Gerindra. 

Sedangkan Partai Demokrat, datang dengan senyuman, dengan membawa 50 data bakal calon legislatif (Bacaleg) berkonstalasi di pemilu Legislatif 2024-2029.


Dikatakan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto M. Sholeh, Alhamdulillah pendaftaran 50 orang Bacaleg Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto lengkap dan benar.


“Keterwakilan jumlah Bacaleg perempuan 30% dan Bacaleg milenial mencapai 80%,” Kata Sholeh yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto ini, disela sesi Press Confrence, Kantor KPU Kabupaten Mojokerto, Sabtu 13 Mei 2023.


Pemilu 2014-2019, Partai Demokrat Kabupaten Mojokerto meraih 5 kursi. “Targetnya di pemilu Legislatif 2024-2029, Partai Demokrat Kabupaten optimis meraih 10 kursi. Kita bakal kerja keras agar mendapatkan suara sebanyak-banyaknya,” ujar ia. 


Parpol pendatang baru di konstelasi Pemilihan Umum 2024-2029 Partai Ummat kabupaten Mojokerto pasang target 5 kursi dari 5 Dapil di wilayah kabupaten Mojokerto.


Hal tersebut diungkapkan Solamin, Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Mojokerto dalam sesi konferensi pers usai mendaftarkan 25 bacalegnya di KPUD Kabupaten Mojokerto, Sabtu 13 Mei 2023.


"Kita mendaftakan 25 Bacaleg, dan alhamdulilah berkasnya lengkap dan benar  Target kita tidak muluk-muluk minimal tiap Dapil bisa mendapat 1 kursi saja itu target kami" kata Solamin. (DI)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS