LAVANI VS STIN BIN AKAN MEMPEREBUTKAN JUARA PUTARAN PERTAMA FINAL FOUR PROLIGA 2023 DI GOR JATIDIRI SEMARANG

Baca Juga

SEMARANG, Setelah sukses menggelar final four seri satu putaran pertama di Gresik pekan lalu, kini PLN Mobile Proliga 2023 memasuki seri kedua di Semarang, 2-5 Maret 2023, tepatnya di GOR Jatidiri.

Seri kedua di Semarang ini merupakan akhir putaran satu dan awal putaran dua. Sehingga pada pekan kedua babak empat besar ini akan memunculkan juara putaran satu.

Di bagian putra, dua tim akan memperebutkan juara putaran satu, Jakarta STIN BIN dan Jakarta LavAni Allo Bank. Kedua tim itu menempati peringkat satu dan dua klasemen seri satu lalu. Keduanya belum terkalahkan di Gresik pada dua laga.

Di Semarang nanti, kedua tim itu akan saling berhadapan Jumat (3/3/2023). Pemenang dari laga itu akan menjadi juara putaran satu final four. Selain itu, pemenang pada laga itu berpeluang besar lolos ke grand final 19 Maret 2023 mendatang di Yogyakarta. 

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais (Jersey Biru)

Asisten pelatih LavAni, Samsul Jais mengakui kalau timnya sudah punya modal melawan STIN BIN dengan dua kemenangan di babak reguler dengan skor 3-2 dan 3-0. Akan tetapi, di babak empat besar ini kekuatan setiap tim berbeda dengan di babak reguler. "Di babak empat besar berbeda setiap tim. Tapi kemenangan kita di babak penyisihan tentunya menjadi modal kuat," ujar Samsul. Menurut Samsul, pertarungan di final four melawan STIN BIN ini dipastikan bakal seru. Pasalnya, kedua tim sudah saling mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sementara itu, asisten pelatih STIN BIN, Agus Jumaedi mengatakan timnya juga sudah mempelajari kekuatan LavAni. Dua kekalahan di babak reguler dari juara bertahan itu sudah dipelajari.

Agus Jumaedi (Jersey Merah)

"Kita sih bukan menjadikan target untuk menjadi juara putaran. Target kita adalah lolos ke grand final. Itu dulu bagi kami," ujar Boy, panggilan akrab Agus Jumaedi. Kendati begitu, tambahnya, melawan LavAni di laga final four ini pihaknya mengharapkan bisa menang.

Sedangkan di sektor putri, juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata yang paling berpeluang menjadi kampiun di putaran pertama. Pasalnya, tim besutan Alim Suseno itu menjadi satu-satunya dari empat tim putri yang belum terkalahkan di sektor putri.Pada laga seri satu di Gresik, pekan lalu, Wilda Siti Nurfadhilah dkk mengantongi dua kemenangan pada dua laga yang dijalani sang juara bertahan itu. Di Semarang, Bank bjb itu akan menghadapi Jakarta Pertamina Fastron, Jumat (3/3/2023). Jika menang dari Pertamina Fastron, maka Bank bjb juara putaran satu.

Alim Suseno Pelatih bjb Tanda Mata

Pelatih tim Bandung bjb Tandamata, Alim Suseno mengatakan menghadapi Pertamina Fastron di final four pihaknya ingin meraih kemenangan. Dua kekalahan di babak reguler dari Pertamina Fastron tentunya menjadi cambuk bagi juara bertahan.Pada babak reguler Bank bjb tumbang dengan skor 1-3 dalam dua kali laga dengan Pertamina Fastron. "Yang penting anak-anak tidak trauma dengan dua kali kalah dari Fastron di babak reguler," ujar Alim.

Pelatih Pertamina Fastron, Eko Waluyo, juga tetap waspada menghadapi Bank bjb. "Kita tidak akan lengah menghadapi bjb," kata Eko. Yolla Yuliana dkk sempat terpuruk menjelang berakhirnya babak reguler dengan menderita dua kekalahan dari Jakarta BIN 2-3 dan Jakarta Elektrik PLN 0-3, serta dari Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 1-3 di final four.

Eko Waluyo Pelatih Jakarta Pertamina Fastron

Beruntung melawan Jakarta BIN anak-anak Pertamina Fastron menang 3-1. "Secara moril anak-anak naik. Nah, itu yang kita harapkan melawan bjb moril anak-anak naik," imbuh Eko.

Sementara itu seperti diketahui, pada perhelatan seri satu di Gresik pekan lalu, mulai dioperasionalkan video challenge setiap laganya. Hal ini juga akan berlaku di Semarang. "Kita akan operasionalkan video challenge ini selama final four hingga grand final Proliga musim ini," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty.

Menurut Hanny, video challenge ini nantinya akan diadakan mulai babak penyisihan. "Video challenge ini diadakan akan meminimalisir kemungkinan adanya perbedaan pendapat dan keputusan yg dinilai kurang tepat," tambah Hanny yang juga ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI.

Diharapkan, lanjut Hanny, adanya teknologi video challenge ini semakin membuat Proliga semakin baik dan berkualitas. Seluruh laga final four ini nantinya akan disiarkan secara langsung pada aplikasi Vidio.com dan Moji untuk memudahkan para penggemar olahraga Voli di Indonesia menyaksikan pertandingan PLN Mobile Proliga 2023.(*/DI)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS