TIM PUTRI PETROKIMIA JAWAB KEGAMANGAN BOLAVOLI MANIA JATIM KALAHKAN JAKARTA BIN 3-2

Baca Juga

SPIKER Bogdana Anisova Pemain Gresik Petrokimia (hitam) VS Jakarta BIN (putih) di GOR Ken Arok Malang Jatim, Kamis 9 Februari 2023. PROLIGA PLN MOBILE 2023 Seri Dua Putaran Dua.

MALANG, Dengan percaya diri tinggi, tim bola voli putri Laskar Sunan Giri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (GPP) menjawab kegamangan pecinta bola voli mania Jawa Timur  akan performa anak asuh pelatih Ayub Hidayat itu di kompetisi bola voli Proliga PLN Mobile 2023 seri dua putaran kedua di GOR Ken Arok Malang Jawa Timur. Dengan mengandaskan tim bola voli putri Jakarta BIN 3-2 (23-25 : 25-21 : 20-25 : 25-17 : 15-9) Kamis, 9 Februari 2023

Seperti diketahui di seri pertama putaran kedua Proliga PLN Mobile di Gresik Jawa Timur, performa tim putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (GPP) gagal mengamankan poin penuh dari dua kali pertandingan di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik Kamis 2 sampai Minggu 5 Februari 2023. Di seri pertama Putaran kedua di Gresik tim putri GPP hanya mengoleksi 1 poin dengan kalah 3-2 dari tim putri Jakarta Pertamina Fastron. Dan kalah 1-3 dari tim putri Bandung Bank bjb Tanda Mata.  

Coach Ayub Hidayat dan Hanny Budiarti Pemain Gresik Petrokimia Gresik

Analisa jalannya pertandingan kedua tim antara GPP vs Jakarta BIN putri. Pada set pertama, anak asuh coach Ayub Hidayat banyak melakukan kesalahan sendiri. Sempat menyamakan kedudukan 18-18 ; 20-20 hingga akhirnya harus mengakui keunggulan anak asuh coach Octavian 23-25.  Mendekati angka krusial 20-20, para pemain GPP gagal memanfaatkan momentum dan menyerah. 

SELEBRASI : Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia 

Sementara permainan tim putri Jakarta BIN set pertama langsung onfire. Serangan spike duo tim asing mereka cukup solid, Chen Yeiping dan Fernanda Tome, membombardir pertahanan GPP. Namun demikian, di set kedua anak asuh coach Ayub Hidayat mulai menunjukkan mental juara. Dengan mengawali set kedua dengan onfire, menyerang dan menekan lawan. Hingga menyamakan poin 17-17 bahkan, mendahului dan memimpin 22-17 dan mengakhiri 25-21.

Di set kedua tim putri Jakarta BIN tidak konsisten dengan permainannya atau cenderung mengendorkan serangannya. Pada saat tertinggal dengan kedudukan 20-23 untuk keunggulan tim GPP. Para pemain asing Jakarta BIN Fernanda Davis Tome dan Chen Yeiping di istirahatkan oleh pelatih Octavian. Hingga skor 25 – 23 untuk kemenangan tim GPP set kedua,

Memasuki set ketiga kedua tim berlaga makin seru dan menarik. Tim GPP memimpim 5-1, 18-17 hingga akhirnya skor 18-18. Disini permainan GPP kacau sering membuat kesalahan sendiri. Hingga tim Jakarta BIN menyudahi set ketiga dengan skor 20-25.

Setelah set ketiga gagal diraih, tim Laskar Sunan Giri Gresik berinisiatif menyerang guna merebut set keempat. Proses serangan tim GPP diset keempat mirip seperti di set ketiga. Memimpin di set awal 5-1 tim GPP memimpin hingga angka 11-5. Bahkan memimpin hingga skor 18-10 dan mengakhiri laga dengan skor 25-17. Di set keempat tim Jakarta BIN mulai kedodoran hingga harus menyerah untuk set empat. 

Di set penentuan kelima, para pemain Petrokimia menunjukkan ketajaman dan keganasannya hingga memimpin 8-2 dan menyempurnakan kemenangannya dengan skor 15-9. Di set kelima para pemain Jakarta BIN sudah mulai kehilangan fokusnya akibat stamina mereka menurun. Fernanda Davis Tome juga sudah di istirahatkan sejak kedudukan tertinggal 11-7.

Perlu diketahui, kompetisi Bolavoli PLN Mobile Proliga 2023 kian semarak. Memasuki seri kedua putaran kedua yang akan berlangsung di GOR Ken Arok Malang, pada 9-12 Februari 2023, persaingan semakin ketat.

Dari 14 tim yang berlaga pada kompetisi yang telah memasuki tahun ke-21 ini, ada 8 tim putra dan 6 tim putri, baru tim putri Jakarta Pertamina Fastron yang sudah memastikan lolos ke final four.

Sedangkan tim lainnya masih akan bertarung untuk memperebutkan tempat di babak empat besar yang akan dimulai 23 Februari 2023 di Gresik.

Jakarta Elektrik PLN yang akan menjadi tuan rumah di Malang nanti, adalah satu-satunya tim yang belum sekalipun meraih kemenangan hingga memasuki seri keduaputaran kedua ini.

Dua laga akan dijalani Elektrik PLN di Malang nanti. Pertama, akan menghadapi Jakarta Popsivo Polwan, Kamis (9/2/2023) dan kedua bertemu juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata pada Minggu (12/2/2023).

Elektrik PLN adalah tim putri yang paling banyak menjuarai kompetisi kasta tertinggi bolavoli di Tanah Air, yakni sebanyak 6 kali.

Wakil Direktur PROLIGA PLN MOBILE 2023 Reginald Nelwan

Wakil Direktur Proliga, Reginald Nelwan mengatakan persaingan untuk lolos keputaran final four semakin ketat antar sesama tim. "Semua tim peserta ingin lolos ke final four," ujar Reginald.

Menurutnya, tiap tim semakin meningkatkan latihannya agar bisa melaju ke final four. "Ini yang menarik, tutur wakil ketua lll Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP. PBVSI.

Pada babak empat besar atau final four hingga grand final nanti akan ada video challenge pada setiap pertandingan. Dengan adanya video challenge itu nanti akan mengurangi kesalahan maupun protes atas keputusan wasit.

Final four akan digelar di tiga kota yakni Gresik (23-26 Februari 2023), Semarang (2-5 Maret 2023), Solo (9-12 Maret 2023), dan Grand final di Yogyakarta (18-19 Maret 2023).

Seperti diketahui, pada musim 2023 ini, kompetisi diikuti 8 tim putra dan 6 tim putri. Delapan tim putra antara lain Jakarta LavAni Allo Bank, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank Sumsel Babel, Kudus Sukun Badak, dan dua tim pendatang baru yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, serta Jakarta STIN BIN.

Sedangkan di bagian putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan tim pendatang baru Jakarta BIN.

Seluruh laga ini nantinya akan disiarkan secara langsung pada aplikasi Vidio.com dan TV Moji untuk memudahkan para penggemar olahraga voli di Indonesia menyaksikan pertandingan PLN Mobile Proliga 2023.(*/DI)






DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS