PROLIGA SERI YOGYAKARTA BAKAL DI SERBU PENONTON VOLI MANIA

Baca Juga

Panpel Kompetisi Bola Voli PLN Mobile Proliga 2023 dan Tim Putra Jakarta Bhayangkara Presisi Sebagai Tuan Rumah di Putaran Kedua Seri Tiga Yogyakarta, Rabu 15 Februari 2023. (Photo istimewa)

YOGYAKARTA, Kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 memasuki pekan ke enam seri tiga putaran Kedua. Yang akan diselenggarakan di GOR UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Kamis besok, 16 - 19 Februari 2023.

Seri Yogyakarta merupakan laga terakhir memperebutkan tiket final four dalam kompetisi bola voli yang bertajuk PLN Mobile Proliga 2023. Meski demikian diprediksikan pertandingan bakal berjalan seru dan menarik. Pasalnya, laga tersebut sarat gengsi dan akan menjadi ajang adu teknik untuk atlit bola voli yunior yang baru merasakan atmosfer kompetisi bola voli Proliga kasta tertinggi di Indonesia.

Di bagian putra sudah dipastikan tiga tim lolos final four yaitu Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta LavAni Allo Bank, dan Jakarta STIN BIN. Satu tempat lagi akan diperebutkan dua tim yakni Jakarta BNI 46 dan Surabaya BIN Samator.

Meski tiga tim sudah aman ke final four, namun pertarungan penuh gengsi tetap akan terjadi di seri penutup ini. Di samping itu, dua tim yang masih belum aman tetap akan ngotot untuk lolos final four.

"Kita tetap akan tampil all-out walaupun sudah lolos final four," ujar manajer Jakarta Bhayangkara Presisi, Brigjen Pipit Rismanto. 

Dikatakan, seluruh tim itu selalu ingin menang, termasuk Bhayangkara. "Kalau semua tim ingin menang, terus yang kalah siapa," tandas Pipit sambil tertawa lepas.

Kombes Pol. Indra Kurniawan Mangunsong Ketua Panitia Penyelenggara di Yogyakarta menyatakan, menyambut kompetisi Proliga 2023 dengan antusias. Indra mengatakan persiapan panitia sudah lebih baik dibanding Proliga sebelumnya.

Seri tiga putaran dua di Yogyakarta ini, dijadikan home base tim Jakarta Bhayangkara Presisi. Pada putaran pertama,  tim milik Polri ini keluar sebagai kampiun.

Pada seri dua di Malang, Tim Jakarta Bhayangkara Presisi belum pernah kalah dalam empat laga di klasemen sementara putaran kedua. Klasemen sementara, tim asuhan Reidel Alfonso Gonzales Toiran itu baru sekali kalah dari Surabaya BIN Samator 

Pada seri pamungkas di Yogyakarta, tim Jakarta Bhayangkara Presisi akan tampil tiga kali. Pertama, berhadapan dengan Surabaya BIN Samator (16/2/2023), kemudian bertemu juara bertahan Jakarta LavAni Allo Bank (17/2/2023), dan terakhir menghadapi Jakarta STIN BIN (19/2/2023).

Menurut asisten manajer, Indra Kurniawan, Nizar Julfikar dkk. jika turun dengan pemain lapis dua, itu karena ingin memberi kesempatan kepada pemain lain bisa turun. 

Pada laga terakhir seri kedua di Malang, Bhayangkara turun dengan pemain lapis dua saat menghadapi Jakarta BNI 46. Dan pada laga itu Bhayangkara unggul 3-2.

Sementara itu, di sektor putri juga tidak kalah seru. Meski sudah dipastikan empat tim yang lolos final four, adu gengsi akan terjadi. Setidaknya memperebutkan juara putaran dua.

Empat tim putri yang sudah memastikan lolos adalah Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta BIN, Bandung Bank bjb Tandamata, dan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Juara putaran pertama lalu, Jakarta Pertamina Fastron menempati peringkat dua di klasemen sementara putaran dua di bawah Jakarta BIN. Namun, Jakarta BIN tampil empat kali dengan tiga kali menang dan sekali kalah dan sembilan poin. Sedangkan Fastron belum terkalahkan dalam tiga laga dengan poin delapan.

Di Yogyakarta nanti, Fastron akan tampil dua kali. Pertama, berhadapan dengan Jakarta BIN (17/2/2023). Sedangkan terakhir akan menghadapi Jakarta Elektrik PLN (19/2/2023).

Menurut wakil direktur Proliga, Reginald Nelwan, seri ketiga putaran kedua ini akan berlangsung seru meskipun beberapa tim sudah dipastikan lolos final four. "Meskipun sudah lolos beberapa tim, adu gengsi tetap akan terjadi pada pekan ketiga putaran kedua ini," ujar Regi.

Dikatakan, di Yogtakarta ini merupakan akhir babak reguler dan akan memasuki final four. Pada final four yang mulai pekan depan di Gresik, Jawa Timur, akan mulai menggunakan video challenge.

"Diharapkan semua tim yang lolos final four sudah mengerti dan faham aturan penggunaan video challenge yang baru pertama digunakan di Indonesia," tambah Regi.

Final four akan digelar di tiga kota yakni Gresik (23-26 Februari 2023), Semarang (2-5 Maret 2023), Solo (9-12 Maret 2023), dan grand final (18-19 Maret 2023).

Seperti diketahui, pada musim 2023 ini, kompetisi diikuti delapan tim putra dan enam putri. Delapan tim putra antara lain Jakarta LavAni Allo Bank, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan dua tim pendatang baru yakni Jakarta Bhayangkara Presisi, serta Jakarta BIN.

Sedangkan di bagian putri terdiri dari Bandung Bank bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, dan tim pendatang baru Jakarta BIN.Seluruh laga ini nantinya akan disiarkan secara langsung pada aplikasi Vidio.com dan Moji untuk memudahkan para penggemar olahraga Voli di Indonesia menyaksikan pertandingan PLN Mobile Proliga 2023.(*/DI)

Berikut Jadual di Yogyakarta: GOR UNY, Yogyakarta Pekan 6, Seri III, Putaran III

Kamis, 16 Februari 2023

12.00 WIB - Jakarta Elektrik PLN vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (putri)

14.00 WIB - Palembang Bank SumselBabel vs Jakarta Pertamina Pertamax (putra)

16.00 WIB - Jakarta Popsivo Polwan vs Bandung BJB Tandamata (putri)

18.30 WIB - Jakarta Bhayangkara Presisi vs Surabaya BIN Samator (putra)

Jumat, 17 Februari 2023

14.00 WIB - Jakarta Pertamina Fastron vs Jakarta BIN (putri)

16.00 WIB - Jakarta Lavani Allo Bank vs Jakarta BNI 46 (putra)

18.30 WIB - Kudus Sukun Badak vs Jakarta STIN BIN (putra)

Sabtu, 18 Februari 2023

14.00 WIB - Jakarta Pertamina Pertamax vs Surabaya BIN Samator (putra)

16.00 WIB - Jakarta Popsivo Polwan vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia

18.30 WIB - Jakarta Lavani Allo Bank vs Jakarta Bhayangkara Presisi

Minggu, 19 Februari 2023

12.00 WIB - Jakarta Pertamina Pertamax vs Jakarta BNI 46 (putra)

14.00 WIB - Palembang Bank SumselBabel vs Kudus Sukun Badak (putra)

16.00 WIB - Jakarta Elektrik PLN vs Jakarta Pertamina Fastron (putri)

18.30 WIB - Jakarta STIN BIN vs Jakarta Bhayangkara Presisi (putra)


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS