PULUHAN GURU DI GEMBLENG MELEK LITERASI DAN NUMERASI

Baca Juga

Pelatihan Berbasis Literasi dan Numerasi

MOJOKERTO, Para pendidik di Kota Mojokerto mendapat pelatihan guru berbasis literasi dan numerasi. Para guru Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri itu mengikuti program yang digalang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto bekerjasama dengan LP2M UN Malang.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto Febri Emayanti menjelaskan kegiatan ini merupakan inovasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi guru.

“Kegiatan ini memang dilandasi data dari rapor pendidikan Kota Mojokerto pada indikator A.1 dalam kemampuan literasi dan A.2 untuk kemampuan numerasi masih kurang dan perlu dibenahi. Karenanya berbagai inovasi berbasis literasi dan numerasi sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di sini," terangnya mewakili Kepala Diknas P dan K Kota Mojokerto Amin Wachid.

Kegiatan ini diikuti pendidik dari 24 SDN dan 42 SMPN di Kota ini. Implementasinya diharapkan tercapai rapor pendidikan yang terpenuhi di segala indicator, kemampuan literasi, dan numerasi. "Kami berharap semua peserta semangat dan segala permasalahan atau kendala terkait literasi numerasi dapat disampaikan dan sharing bersama narasumber selama beberapa hari ke depan," cetusnya. 

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan LP2M Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Endah Tri Priyanti mengungkapkan pendidikan ini nantinya akan membantu karakter siswa pembelajaran bisa menggunakan video, film, foto, maupun interogasi dalam pencapaian multimedia. 

Narasumber LP2M UN Malang Prof. Dr. H. Abdur Rahman As'ari mengungkapkan, pihaknya berupaya memberikan penguatan terhadap cara peningkatan mutu literasi numerasi melalui sejumlah cara. Melalui stimulus, soal, maupun penalaran. 

"Bisa berupa kalimat, gambar, diagram, desain grafik. Itu semua tergantung pertanyaan. Dalam pertanyaan-pertanyaan itu pula ada yang gampang karena jawaban di soal. Ada juga yang harus di operasikan atau penalaran, jawabannya boleh benar boleh salah," pungkasnya. (yud)


 

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS