40 GURU BELAJAR MELEK AKSARA JAWA KUNO

Baca Juga

Melestarikan Aksara Jawa Kuno ( Bahasa Kawi)

MOJOKERTO, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( P dan K ) Kota Mojokerto membikin momen Belajar Aksara Jawa kuno. Acara uri-uri budaya adi luhung di aula dinas ini adalah pelestarian budaya leluhur di era kejayaan Majapahit.

“Sebagai pewaris Kerajaan Majapahit, warga Kota Mojokerto harus mampu menggali seluruh potensi untuk kembali menggaungkan kebesaran Majapahit,” kata Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid.

Amin menuturkan acara yang diikuti 40 orang guru serta anggota komunitas pegiat aksara Jawa di Kota Mojokerto tersebut mengetengahkan pembicara yang sangat berkompeten. “Narasumbernya adalah Rendra Agusta yang merupakan Peneliti Naskah Kuno Permuseuman dan Kepurbakalaan Yogyakarta,” jelasnya.

Dengan kegiatan ini Amin berharap generasi muda akan tahu dan menghormati warisan leluhur. Mereka tidak hanya mengenal akan budaya era Majapahit namun juga mengenai bahasa daerah dan sejarah leluhur. “Pembelajaran tentang bahasa Jawa Kuno ini akan menguatkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya,” Imbuhnya. (yud)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS