Kejurkot NPCI 2022

Baca Juga

Wali Kota Ika Puspitasari Buka Kejurkot NPCI di Stadion Ahmad Yani Kota Mojokerto. Selasa 28 Juni 2022.

Even kejuaraan tingkat kota (Kejurkot) National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kota Mojokerto tahun 2022 resmi digelar. Pekan Paralympic Kota Mojokerto 2022, diikuti 10 kontingen dari Jawa Timur dengan 200 atlet yang bertanding di Stadion Ahmad Yani, Kota Mojokerto. Diantara 10 kontingan tersebut, Kabupaten/Kota Mojokerto , Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Bangkalan.

“Ini bagian dari komitmen saya bahwa penganggaran di Kota Mojokerto sudah perspektif gender. Kita mengalokasikan anggaran yang memadai untuk memfasilitasi Sumber Daya Manusia di bidang olahraga khususnya disabilitas agar memiliki kesempatan yang sama,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Selasa (28/6/2022).

Olahraga bagi paralympic selain dijadikan sebagai bentuk rehabilitasi, juga dijadikan sebagai media untuk menorehkan prestasi. Diharapkan, dengan adanya fasilitasi tersebut akan semakin memicu semangat para atlet difabel lainya yang memiliki talenta olahraga.

“Mungkin saat ini belum muncul tapi sudah ada bibit-bibit berprestasi, sehingga semakin banyak SDM unggul dari Kota Mojokerto dari berbagai bidang termasuk olahraga. Diharapkan tahun-tahun berikutnya ketika mengikuti Kejurprov Paralympic maupun Pekan Paralympic Nasional, maka atlet-atlet paralympic kita akan memberikan yang terbaik untuk Kota Mojokerto,” katanya. 

Melalui ajang Kejurkot bisa meningkatkan prestasi atlet Paralympic. Ada tujuh cabor yang dipertandingkan dalam kejuaraan yang digelar selama dua hari dari tanggal 28-29 Juni 2022 tersebut. Diantaranya, bulutangkis, tenis meja, catur, lari, lompat jauh, lempar lembing, dan tolak peluru. Tiga lokasi yang digunakan, SDN Wates 3 untuk Cabor Bulutangkis, Lapangan Indoor Magersari untuk Cabor Tenis Meja dan Catur, Cabor Atletik (Lari, Lompat Jauh, Lempar Lembing, Tolak Peluru) di Gelora Ahmad Yani. NPCI Kota Mojokerto merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pembinaan olahraga bagi penyandang disabilitas. Turut hadir Ketua NPCI Jawa Timur Imam Kuncoro, Ketua NPCI Kota Mojokerto Pity Khifarudin, Ketua KONI. (DI)


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS