INVESTASI DI KOTA MOJOKERTO MUDAH DAN NYAMAN

Baca Juga

Wali Kota  Ika Puspitasari, Didampingi  Heryana Dodik Murtono Kepala DPMPTSPNaker, Samsul Arifin Kepala PMPTSP Prop Jatim dan Karni Issetiyawati Praktisi  OSS. Dalam Sosialisasi implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Kota Mojokerto.  Rabu 27Juli 2022. Gedung Mandala Sabha Madya.

"Investasi di Kota Mojokerto, siapa takut !!! Kota nya Nyaman dan Ramah”

Kota Mojokerto identik sebagai kota purbakala dan kota sejarah Kemerdekaan. Kota Mojokerto bagian dari pengejawantahan kebesaran kerajaan Majapahit. Beberapa dekade ini, Kota Mojokerto yang dulunya sebagai Kota BUDIPARINDA (Budaya, Pendidikan, Pariwisata, Industri dan Perdagangan). Kini renkarnasi kembali dengan Spirit Of Majapahitnya.

Kota Mojokerto kondisi demografinya sebagai kota penyangga Ibukota Propinsi Jawa Timur, Surabaya. Dengan waktu 20 menit sudah tiba di jantung Kota Surabaya. Manakala lewat jalan Tol. Lewat jalur jalan raya alteri membutuhkan waktu satu jam dengan jarak tempuh 55 Km. 

Kota Mojokerto dengan 3 Kecamatan, Kecamatan Magersari, Kecamatan Prajurit Kulon dan Kecamatan Kranggan (yang baru terbentuk 5 tahun yang lalu). Ditangan Ika Puspitasari Wali Kota perempuan, Kota Mojokerto bersolek. Pembangunan infrastruktur mulai dikerjakan, pengendalian banjir disetiap kelurahan juga dilaksanakan. 

Terpenting, ketika dunia dalam kondisi syndrome pandemi covid 19, Warga Kota Mojokerto tetap bersemangat membangun. Membangun perekonomian, membangun kesehatan serta pembangunan infrastruktur pariwisata terus digalakkan dan di gaungkan. Ika Puspitasari melihat potensi besar di Kota Mojokerto untuk tumbuh berkembang sebagai Kota Investasi dan Pariwisata.

Sebagai langkah konkrit nyata, Kota Mojokerto sangat digdaya, ketika menghadapi kondisi pandemi covid 19, pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto 3,63 persen. Artinya, warga Kota Mojokerto mampu bertahan hidup secara ekonomi bahkan, ketika kondisi pandemi covid mulai kendor. Masyarakat Kota Mojokerto langsung sprint (lari kencang) meraih asa. Tentunya semua ini berkat Rahmat Alloh SWT, yang telah memberikan kekuatan dan motivasi kepada para pemimpin Kota Mojokerto untuk membangkitkan semangat gotong royong cancut taliwondo, membangun Kota. 

Sebagai bentuk kalau Kota Mojokerto nyaman untuk investasi dan berwisata yakni, kepastian hukum dalam investasi. Kota Mojokerto sudah mempunyai Perda Investasi. Pada hari Rabu, 27 Juli 2022. Wali Kota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari, S.E. membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS-RBA) bagi OPD Teknis yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kota Mojokerto di Sabha Mandala Madya, Lantai 2, Kota Mojokerto. 

Dikatakan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem online single submission (OSS) wajib dilaksanakan oleh pelaku usaha, Kementerian/ Lembaga dan Pemda yang persyaratannya berlaku sama di seluruh daerah.

“Pelaksanaan perizinan berusaha berbasis risiko melalui sistem online single submission (OSS), merupakan sistem untuk mempermudah berusaha sebagai amanat undang undang Cipta Kerja, dimana setiap orang dapat melakukan akses/bermohon secara mandiri, tanpa dibatasi waktu dan ruang,” ungkap ia.

Lebih lanjut, Ika Puspitasari mengatakan, pada tanggal 5 Juli 2022 Pemerintah Kota Mojokerto telah meluncurkan Aplikasi “Mojokerto Idaman” akronim dari Mojokerto Dalam Genggaman. “Melalui aplikasi tersebut, investor dapat melihat informasi lengkap potensi investasi di Kota Mojokerto yang disajikan secara geografis dengan memadukan teknologi geotagging yang terbagi 17 sektor PRDB atas dasar harga konstan,” urai ia.

Iklim investasi di Kota Mojokerto sangat baik dan menguntungkan. Potensi Kota Mojokerto tidak hanya secara geografis sebagai kota penyangga Surabaya, namun juga memiliki banyak warisan sejarah dan budaya Majapahit yang masih terjaga hingga saat ini, inilah yang menguatkan kami membuat grand design wisata sejarah dan budaya.

“Untuk mewujudkan grand design tersebut Pemerintah Kota Mojokerto butuh sinergi dan kolaborasi dari berbagai stakeholder termasuk keberadaan para investor. Untuk mewujudkan itu semua tentu kami tidak bisa sendirian, butuh sinergi, kolaborasi dan kontribusi termasuk keberadaan para investor yang siap untuk berinvestasi di Kota Mojokerto,”papar ia.

Setidaknya terdapat empat objek wisata yang potensial bagi investor. Di antaranya, wisata Pemandian Sekarsari yang telah tuntas direvitalisasi 2021. Selanjutnya juga ada Rest Area Gunung Gedangan yang berada di jalur nasional jalan bypass Kota Mojokerto. Juga Wisata Bahari Majapahit yang merupakan proyek strategis nasional.

”Selain itu, sejarah besar sang proklamator Bung Karno juga menjadi daya tarik luar biasa di Kota Mojokerto. Karena sejak awal kita mengangkat wisata sejarah Presiden Soekarno, yang banyak dikunjungi para pejabat-pejabat nasional,” tutur ia.

Sebagi bukti iklim investasi yang baik, selama pandemi covid-19 berlangsung, di Kota Mojokerto justru berdiri dua hotel bintang 3. “Hal tersebut menjadi salah satu indikator iklim investasi di Kota Mojokerto baik dan menguntungkan. Ini menunjukan bahwa salah satu indikator kalau berinvestasi di Kota Mojokerto itu menguntungkan,” harapnya. (DI/Adv)


   





DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS