Hadiri World Economic Forum, Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi : Target Indonesia, Pulihkan Ekonomi Dunia

Baca Juga

Menteri  Perdagangan  Muhammad Lutfi  (dok humas)

JAKARTA, Menteri  Perdagangan Muhammad  Lutfi bertolak ke Davos,  Swiss untuk menghadiri Forum  Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF).   Pertemuan tahunan ini akan berlangsung pada 22—26  Mei 2022. Mendag Lutfi dijadwalkan menghadiri sejumlah  pertemuan termasuk dengan pelaku usaha global dari berbagai  negara di dunia serta mempromosikan Presidensi G20 Indonesia.  

Target  Indonesia,  forum ini dapatmenemukan   solusi atas berbagai masalah global yang sedang terjadi saat ini guna  pemuulihan ekonomi dunia. Pertemuan Tahunan WEF itu merupakan ajang bertemunya  pemimpin dunia, pelaku bisnis, politisi, cendekia, dan media terpilih dari seluruh dunia. 

Dalam forum  tersebut mereka  akan saling bertukar pandangan  untuk menyelesaikan permasalahan  global sekaligus membuka peluang bisnis  guna meningkatkan perdagangan dan investasi sebagai pendorong pertumbuhan  ekonomi.WEF 2022 mengangkat tema “History at a Turning Point: Government   Policies and Business Strategies”.  

Pertemuan  tahunan ini  bertepatan dengan  momen geopolitik dan  geoekonomi terpenting selama  tiga dekade terakhir dan latar  belakang pandemi dalam satu abad.  Sempa t ditunda penyelenggaraannya pada 2021 akibat pandemi Covid-19,  kini WEF 2022 kembali digelar.

“Kunjungan kerja ke Swiss untuk menghadiri WEF 2022 merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan  kerja sama perdagangan Indonesia, tidak hanya dengan mitra kerja pemerintah, tetapi juga dengan  pelaku usaha global. Melalui WEF 2022, kita juga berharap dapat menemukan solusi untuk berbagai tantangan   global yang dihadapi seperti pandemi global, perang Rusia-Ukraina, guncangan geo-ekonomi, hingga perubahan iklim,”ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi juga dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda dan pertemuan. Di antaranya, menjadi panelis  dan menyampaikan kata penutup pada sesi Country Strategy Dialogue on Indonesia. Sejumlah isu yang akan dibahas pada Country  Strategy Dialogue on Indonesia yaitu Presidensi G20 Indonesia; Trade, Investment, and Indsutry Working Group (TIIWG), Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023; serta ekonomi  digital ASEAN. 

Selain  itu, Mendag  Lutfi dijadwalkan  untuk menghadiri   ajang Indonesia Night  yang digelar Kementerian Koordinator  Kemaritiman dan Investasi RI di sela agenda WEF  2022. Indonesia akan menunjukkan keramahan dan prospek  bisnis dengan menyajikan sejumlah tarian tradisional, lagu-lagu  daerah, hidangan nusantara; serta menampilkan informasi perkembangan   investasi di Indonesia. Di akhir kunjungan kerjanya, Mendag Lutfi dijadwalkan menjadi panelis pada sesi Assessing the Role of the Regional Comprehensive Economic Partnership  (RCEP) Trade Agreement. Dalam kesempatan tersebut, Mendag akan membahas tentang Peran Persetujuan RCEP terhadap   pertumbuha n ekonomi Indonesia, regional, dan dunia.

Sekilas Mengenai WEF 

WEF  Annual  Meeting merupakan   agenda pertemuan tahunan  para pemimpin, pelaku bisnis, pemimpin   politik, cendekiawan, dan media terpilih   dari seluruh dunia untuk mendiskusikan berbagaimasalah global  yang dihadapi dunia. Pertemuan tersebut dimotori oleh WEF dan selalu digelar di Davos, Swiss.

WEF  merupakan  organisasi nonprofit  kerja sama pemerintah dan  swasta yang didirikan di Jenewa tahun  1971 oleh Klaus M. Schwab, seorang profesor  bisnis di Swiss. Kegiatan ini mempertemukan para  pemimpin dunia di berbagai bidang untuk mendiskusikan  isu-isu ekonomi, kesehatan, lingkungan, perubahan iklim, energi, dan lain-lain. WEF dihadiri oleh sejumlah pemimpin  dunia baik dari pemerintahan, pelakuusaha, akademisi, praktisi ekonomi, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). (*/DI)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS