Menteri Perdagangan: Pemerintah Pastikan Subsidi Migor Curah Sampai ke Pasar

Baca Juga

Mendag Meninjau Implementasi Subsidi Minyak Goreng di Pasar Senen, Jakarta (dok. humas Kemendag).

JAKARTA, Pemerintah akan mengawal minyak goreng bersubsidi sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp. 14. 000/liter.  Sementara harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium akan mengikuti harga ke ekonomi an. Pemerintah bekerjasama dengan Kepolisian akan menangkap oknum yang menyelewengkan nya. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi, disela - sela meninjau Pasar Senen di Jakarta Pusat Kamis (17/3).

Dalam agenda sidak tersebut Menteri Perdagangan didampingi Direktur  Jenderal Perdagangan Dalam Neger,i Oke Nurwan dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Indrasari Wisnu Wardhana.

“Pemerintah melalui, Kementerian Perindustrian, memastikan bahwa tidak ada lagi migor yang  tidak sesuai peruntukannya. Migor yang diolah oleh pabrik akan dipastikan distribusinya sampai ke pasar kemudian disubsidi agar harga sesuai dengan ketentuan, yaitu Rp 14.000/liter atau setara Rp15.500/kg,” Kata Mendag Lutfi.

Dikatakan Mendag Lutfi, jumlah stok migor melimpah dengan harga keekonomian, sesuai dengan keputusan  rapat terbatas yang telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebelumnya.

“ Pemerintah hadir dalam memasok migor curah subsidi. Saat ini sedang disesuaikan aturannya secepatnya. Diharapkan   akan menyelesaikan permasalahan migor saat ini,” ujar Mendag Lutfi.

Invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan lonjakan  harga minyak nabati dunia naik, karena kedua  negara tersebut merupakan penghasil minyak nabati dari bunga matahari. 

“Sebagai  penggantinya  minyak nabati,  minyak kelapa sawit mengalami  lonjakan harga dari Rp14.600/liter  pada awal Februari menjadi Rp18.000/liter  pada Maret ini,” Ungkap Ia.

Diungkapkan Mendag Lutfi,  sebelumnya migor sulit didapat karena melawan mekanisme pasar. Perbedaan antara harga migor yang ditetapkan Pemerintah dengan harga internasional cukup tinggi yang menyebabkan banyaknya oknum berbuat curang dengan mengambil keuntungan sesaat.

“Untuk itu, Kemendag bersama  Polri akan melakukan tindakan  tegas dengan menangkap pelaku kecurangan,  terutama penyalahgunaan migor curah subsidi  untuk kebutuhan industri. Kita akan membasmi mafia yang berbuat curang karena subsidi migor curah untuk masyarakat,” Tegas Mendag Lutfi. Secara  umum, harga barang kebutuhan pokok di Pasar Senen Jakarta beranjak turun. Namun demikian masih terdapat beberapa bahan pokok (bapok) yang mulai mengalami kenaikan.

“Harga bapok, khususnya daging sapi mulai beranjak naik menjadi Rp130.000—Rp.135.000,-.  Untuk itu, Pemerintah telah menugaskan Bulog untuk mendatangkan daging kerbau dari  India dengan harga di masyarakat Rp 80.000,- untuk menyeimbangkan harga,” papar Mendag Lutfi.

Berdasarkan   pantauan, harga   beras medium beras   medium Rp11.000/kg, beras   premium Rp12.500/kg, gula pasir  Rp14.000/kg, tepung terigu Rp11.000/kg,  daging ayam ras Rp33.000—Rp.40.000/kg, telur  ayam ras Rp23.000—Rp.24.000/kg, cabe merah keriting  Rp50.000—Rp.55.000/kg, cabe merah besar Rp55.000/kg, cabe  rawit merah Rp60.000—Rp.65.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, bawang putih honan Rp30.000/kg, serta bawang putih kating Rp35.000/kg. (*/DI)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS