BERANTAS MAFIA MINYAK GORENG, KEMENDAG JALIN KERJASAMA DENGAN POLRI

Baca Juga

Menteri Perdagangan Indonesia, Muhammad Lutfi bersama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meninjau pabrik minyak goreng PT Bina Karya Prima Gudang Ex Hargas (BKP) di kawasan Marunda, Jakarta, Selasa 15 Mar 2022 (dok humas Kemendag)

JAKARTA, Menteri  Perdagangan Muhammad  Lutfi bersama Kepala Kepolisian  RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau  pabrik minyak goreng (migor) di kawasan Marunda, Jakarta Utara.  Dalam kesempatan ini, Mendag Lutfi menegaskan akan menindak  tegas mafia migor yang menyebabkan kelangkaan di masyarakat. 

 “Saat ini kita masih melihat kemungkinan-kemungkinan  karena tingginya harga di luar negeri menyebabkan  orang-orang berpikir untuk berbuat curang. Ini yang  sedang kita cek dan kita memperingatkan,terutama mafia-mafia  migor yang berusaha mendapatkan keuntungan sesaat, Kemendag dan Polri akan datang dan tertibkan,” tegas Mendag Lutfi.

Peninjauan  pabrik migor dilakukan  di PT BinaKarya Prima di  Jakarta Utara, pada Selasa (15/3). Sedikitnya ada 23,49 juta liter diproduksi pabrik Migor ini periode 1—12 Maret 2022. Saat ini stok migor sangat melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. Karena itu, Mendag  Lutfi memastikan operasional pabrik terus berjalan dan migor didistribusikan hingga seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia..

“Ketika  kebijakan  Domestic Market  Obligation (DMO) dan  Domestic Price Obligation  (DPO) dikerjakan dengan baik, sebenarnya mampu mengurai permasalahan migor. Dalam 28 hari terakhir stok   migor mencapai 500 juta liter. Namun demikian, harga di pasar masih mengalami permasalahan,”ujar Mendag Lutfi. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pada periode 1—12 Maret 2022, PT BKP telah memproduksi 23,49 juta liter minyak goreng. Dari jumlah tersebut 12,87 juta liter diproduksi di pabrik yang berlokasi di Marunda, Jakarta Utara. Rata-rata produksi hariannya mencapai 1,43 juta liter/hari. Produksi juga dilakukan di pabrik yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur sebanyak 10,62 juta liter dengan rata-rata produksi  hariannya mencapai 1,18 juta liter per hari.  

Produksi  minyak goreng  PT BKP dilakukan setiap hari nonstop (setiap hari 24 jam, dalam seminggu). Dalam  peninjauan ini, Mendag Lutfi juga berbincang dengan sopir truk yang sedang  menunggu muatan untuk didistribusikan ke sejumlah wilayah di Indonesia. (*/DI)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS