INDONESIA BERKUMANDANG DI TURKI DIKEJUARAAN PANAHAN BERKUDA

Baca Juga

Arum Nazlus Shobah Juara Panahan Berkuda Belia Di Negara Turki.

JAKARTA, Nama Arum Nazlus Shobah terdengar asing di telinga, tetapi ternyata prestasinya sangat mengagumkan dan membanggakan nama Indonesia.

Untuk kali pertama Indonesia menjadi juara umum pada turnamen International Horseback Archery Championship 2021 lalu yang digelar oleh Performa Horseback Archery Academy di Ankara, Turki.

Arum sukses menjadi juara umum pada pertandingan kategori umum dewasa di usianya yang masih belia. Untuk kemenangannya ini bendera Merah Putih berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Turki.

Arum yang tinggal di Sukmajaya, Depok, ini menyukai olahraga tersebut karena terinspirasi dari dua kakaknya yang juga juara panahan. Kharisma Zaky dan Arsa Wening Arrosyad juga merupakan atlet panahan berkuda dari Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI). Panahan Berkuda merupakan olahraga tradisional yang disebut sebagai ethno sport.

Masa pandemi sejak 2020 dimanfaatkan Arum sebagai ajang latihan dan fokus terhadap panahan berkuda. Semua proses itu itu dia lakukan selama satu tahun penuh. Selama pelatihan, Arum diajarkan tentang tanggung jawab, kedisiplinan, dan kepemimpinan. (DI)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS