DAMPAK PAGELARAN SIDE EVENTS G20 PRODUK LOKAL DAN WISATA AKAN MENJADI LUMBUNG INVESTASI DAERAH

Baca Juga

Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi (tengah kemeja biru).

JAKARTA, Lima daerah akan menjadi pelopor penggerak produk lokal Indonesia mendunia di pagelaran side event G20. Kelima daerah tersebut antara lain, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Propinsi Sumatera Utara; Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah; Mandalika di Propinsi Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo di Propinsi Nusa Tenggara Timur; dan Likupang di Propinsi Sulawesi Utara. Selain itu, daerah lainnya didapuk menjadi tempat penyelenggaraan Side Events adalah Ibukota Jakarta, Pulau Dewata Bali, Kepulauan Bintan, Kota Batu Jawa Timur, Kota Bogor, Kota Sorong, Kota Surabaya, Makassar, Palembang, Belitung, Solo, Banjarmasin, dan Pontianak.

Kearifan lokal ini, sebagai nilai lebih Presidensi G20 Indonesia 2022. Tujuannya, untuk mempromosikan keragaman budaya sekaligus potensi wisata dan investasi yang ada di Indonesia, serta menggerakkan perekonomian daerah.

“Side Events G20 harus menjadi showcase citra positif kemajuan dan budaya Indonesia. Penyelenggaran side events diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan budaya, investasi, serta pariwisata di Indonesia. Tidak hanya itu, diharapkan pelaksanaan side events G20 di sejumlah daerah di Indonesia dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi.

Berdasarkan agenda Side Events G20 yang telah diinventarisasi tercatat 121 kegiatan, yang akan digelar pada Desember 2021 sampai November 2022 mendatang. 

Diharapkan, Side Event G20 yang digelar di berbagai daerah dapat menggerakan perekonomian daerah. Terutama dalam memperkenalkan keunggulan produk lokal Indonesia," harap Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi.

“Kami optimistis seluruh agenda Side Events G20 akan terlaksana dengan baik dan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, khususnya dalam memperkenalkan produk unggulan daerah. Kita juga akan memastikan kearifan lokal Indonesia akan menjadi nilai lebih di agenda Side Events G20,” tutupnya. (*/DI)


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS