PENGADAAN PARABOLA MANGKRAK SATU BULAN

Baca Juga

18 unit Parabola Mangkrak Di Kantor Unit Penyuluh KB Kabupaten Mojokerto Dipasang,Tapi Tidak Bisa Digunakan.

Sebanyak 18 unit pesawat parabola yang ditempatkan di kantor Unit-unit Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur terancam mangkrak. Pasalnya, parabola itu tidak bisa dioperasikan dengan sempurna.

Para operator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana mengalami kesulitan ketika mengoperasikan. Tampaknya, parabola dengan merk Sat2210 yang dibeli melalui tender, tidak dilakukan trial terlebih dahulu. 

Operator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana mengaku, parabola merk Sat2210 kurang berfungsi dengan maksimal. Pada waktu dioperasikan untuk internet, lebih lelet. Mengirim foto saja kurang optimal apalagi mengirim gambar video.

Sehingga, para operator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana itu menggunakan fasilitas WiFi yang selama ini digunakan.

Dengan keluhan yang di alami para operator Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana dapat dianalisis bahwa, pengadaan parabola dengan merk Sat 2210 oleh penjabat Dinas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur itu, tidak melalui kajian efisiensi. Justru pengadaan parabola itu, pemborosan anggaran. 

Apalagi, kondisi saat ini keuangan negara untuk penanganan dampak Covid 19. Disini seorang decition maker (pengambil keputusan) kurang tepat menunjuk dan menempatkan seseorang untuk menjadi pimpinan. Ketika sebuah lembaga dikelola bukan ahlinya, maka rusaklah sistem tatanan yang sudah dibangun dengan baik. 

Entah apa yang ada dalam pikiran, penjabat DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto dengan melakukan pengadaan parabola dengan uang rakyat itu…????

Inovasi yang tidak tepat !!!....

Kalau ingin menambah inovasi kepada petugas lapangan, bisa dilakukan pengadaan gadget, bisa juga Laptop atau kendaraan operasional. Lebih keren lagi, gaji dan tunjangan dinaikkan. 

Dengan terpilihnya dokter Ikhfina Fatmawati dan Muhammad Al Barra sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Mojokerto. Program mereka yang utama, kepentingan masyarakat lebih utama. Sehingga sarana Informasi dan Komunikasi digital secara cepat dan tepat.

Nampaknya, pengadaan parabola oleh penjabat DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto, inovasi dan menambah followers. Namun yang terjadi, inovasi emosional dan pemborosan. Sebaiknya, Bupati Mojokerto meninjau dan mengkaji dulu, ketika akan menempatkan pejabat dalam posisi pengambil keputusan. Biar tidak serampangan dalam membelanjakan uang negara. 

Dalam pengadaan parabola di DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto tahun 2021. Nama tender, pengadaan prasarana infrastruktur sistem informasi keluarga dibalai penyuluhan KB. Dengan pagu anggaran Rp. 990.000.000,-. Pemenang tender, PT Parolis Bangun Indonesia yang beralamat di Permata Eksekutif Office jalan Casablanca nomor 45 lantai 4, Jakarta Selatan (Kota) DKI Jakarta. Dengan harga penawaran terendah Rp. 790. 020.000,-.

Sudah satu bulan ini, parabola pengadaan dari DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto, mangkrak. Tidak ada upaya untuk perbaikan atau bagaimana ? Selain itu, untuk mengegolkan gagasan ini petugas dari DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto harus bertatap muka dengan kontraktor peminat tender di sebuah rumah makan. (Mj-2)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS