DP2KBP2 KAB. MOJOKERTO BERIKAN PELATIHAN WIRA USAHA KEPADA IBU KEPALA RUMAH TANGGA

Baca Juga

Pelatihan Wira Usaha Bagi Kaum Ibu Kepala
Rumah Tangga
 Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto melalui program Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan  menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Wirausaha/Tataboga Bagi Perempuan Kepala Keluarga Dan Perempuan Korban Kekerasan pada Hari Senin dan Selasa tanggal 14 dan 15 Juni 2021 di UPT Balai Pelatihan Kerja Jabon Mojokerto. Pelatihan dimaksud memiliki dasar sebagai berikut : Program Kerja Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kab. Mojokerto Tahun 2021. Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup, penghasilan dan kemandirian perempuan kepala keluarga dan perempuan korban kekerasan  dengan memanfaatkan potensi alam yang berada di lingkungan setempat. pada kegiatan dimaksud jumlah peserta 40 orang yang terdiri dari : 25 orang Perempuan Kepala Keluarga yang ada di Kabupaten Mojokerto. 15 orang Perempuan Korban Kekerasan. Pada kegiatan pelatihan tersebut, bapak Kepala Dinas Pengendalian, Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DP2KBP2) Kabupaten Mojokerto Drs. Joedha Hadi Soewignjo E.S.B memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut. Bapak Kepala Dinas P2KBP2 dalam arahanya menyampaikan ada 8 kunci sukses dalam berwirausaha yaitu : SDA terkait Bahan Baku, SDM,  Pembukuan sederhananya,  Teknologi tepat guna,  Packing, Marketing, Modal dan Legalitas product. Ini semua semua sesuai Intruksi Presiden dan Menteri Dalam Negeri dimasa pandemi covid 19 agar ekonomi tetap bangkit. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari tersebut memuat berbagai materi terkait wirausaha yang dibawakan oleh narasumber yang membidangi wirausaha secara professional, diantaranya sebagai berikut :

1.            Dra.Ec.Tatik Lutfiati, ST membawakan materi terkait Managemen dan  Kecerdasan Berwirausaha, Perencanaan Usaha (Business Plan).

2.            Siti Indriastuti,S.Si, Apt dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto membawakan materi terkait Prosedur Penerbitan SPP-IRT (Sertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga).

3.            Dra. Siti Saharia Mahindar merupakan narasumber dari Lumajang yang mendapatkan penghargaan "Upakarti" dari Bapak Presiden RI terkait Pemberdayaan UKM untuk Masyarakat dimana membawakan materi terkait Praktek Olahan Puding dari bahan daun kelor, Legit Roll dari bahan tepung Cassava, Onde-onde dari bahan Telo Ungu, Abon dari Bahan ayam. (*/wib)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS