Tim Catur Kabupaten Mojokerto Jajal Kekuatan Tim Catur PON Jatim Di Unesa Surabaya

Baca Juga

Tim Catur PROPROV Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, latih Tanding Di Bangsal Mojokerto, Minggu 25 April 2021.

Tim catur PORPROV Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, berkesempatan menjajal kemampuannya dengan tim catur Puslatda Jatim, yang akan berlaga di PON XX Papua Oktober 2021 nanti, pada Jum'at 30 April 2021 di Kampus Unesa Surabaya. Tim catur Kabupaten Mojokerto yang di arsiteki Win Otok, berangkat kekuatan full time. Mereka selain berlatih secara online, juga sering menggelar tryout dengan berbagai tim catur daerah lainnya. 

Tim Catur Kabupaten Mojokerto akan diperkuat: pecatur Yunior, Triwulan, Brainda, Udin dan Wisnu. Untuk pecatur senior ada Budiharjo dan Dodik ilyas. Mereka akan menjajal kemampuan tim putri catur Puslatda Jatim. Untuk jam terbang, skiil maupun teknik, tim catur Kabupaten Mojokerto sudah tidak diragukan. Meski muda mereka cukup percaya diri, dalam kemampuannya di olahraga asah otak ini.

Mereka akan melakoni laga dengan semua format. Klasik, cepat dan kilat. Permainan catur kilat dengan durasi waktu 3 menit. Permainan ini membutuhkan kemampuan teknik dan intelgensi tingkat tinggi. Pemain harus konsentrasi penuh dalam membongkar kekuatan pertahanan lawan dan skak match. Untuk laga format cepat. Pemain memperagakan kemampuannya dalam waktu 5 menit untuk mampu mengumpulkan poin. Sedang untuk permainan catur dengan format waktu 10 menit, bisa dikatakan format klasik. Permainan ini bisa dikatakan format jenuh namun, pemain dituntut dalam pengendalian emosi dan kesabaran, dimana permainan klasik sangatlah menguras stamina juga psikis mental tanding pemain.

Perlu diketahui, tim catur Jatim telah lolos Pra Pon Papua, seperti dikatakan Tondo Samiadi pengurus tim catur Jatim untuk PON XX nanti. Ditambahkan Tondo Samiadi, pihaknya terus mengembangkan pengetahuan dalam latihan dari atlet catur Jawa Timur yang berlatih di kampus Unesa Surabaya. Dari komposisi 9 atlet catur yang tergabung di Puslatda New Normal Jatim, ada yang bergelar Master Internasional, Master Fide hingga Master Nasional. 

Sementara arsitek tim Catur Kabupaten Mojokerto Win Otok mengatakan, kesempatan anak asuhnya dalam laga ujicoba dengan tim catur Puslatda Jatim akan dimanfaatkan dengan baik. Pasalnya, untuk analisa dan evaluasi kemampuan pengetahuan anak asuhnya. Ketika berhadapan dengan tim senior. Apakah mereka nervous atau sebaliknya,"Kata Win Otok pensiunan Telkom Surabaya ini. "Anak asuhnya, selain berlatih secara game online juga tryout sirkuit melawan para pecatur yunior maupun senior," Tutur Win. Semangat untuk tim catur Porprov Kabupaten Mojokerto, semoga mendapat pelajaran dari tim Puslatda Jatim, dalam mempersiapkan diri di Porprov 2022 nanti.(end)


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS