MOJOPAHIT DALAM FESTIVAL MOJOTIRTO KOTA MOJOKERTO

Baca Juga

Walikota Ika Puspitasari dan Wawali Ahmad Rizal Dalam Prosesi Ritual
 Festival Mojotirto Mojopahit, Wisata Bantaran Sungai Kotok Rejoto 
Kota Mojokerto, Senin 22 Maret 2021

Dalam rangka memperingati hari air se dunia, Pemerintah Kota Mojokerto Jawa Timur, menggelar Festival Mojotirto Mojopahit 2021 dengan protokol kesehatan ketat, Senin (22/3/2021) dikawasan wisata air sungai Kotok, disekitar Jembatan penghubung dua kelurahan yakni, Kelurahan Pulorejo dan Kelurahan Blooto atau disingkat Rejoto, Kota Mojokerto.

Dikatakan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Festival Mojotirto Mojopahit adalah agenda tahunan Pemerintah Kota Mojokerto. Event yang berbasis seni dan budaya ini penyelenggaraannya dibarengkan dengan peringatan hari air sedunia, untuk lokasinya di kawasan air sungai Kotok Rejoto. “ Festival Mojotirto Mojopahit bagian dari embrio untuk pariwisata yang memang merupakan agenda besar dari Pemerintah Kota Mojokerto. Dimana dalam Perpres 80 tahun 2019, tentang percepatan pembangunan ekonomi kawasan Jawa Timur, khususnya untuk Kota Mojokerto. 

Dimana pariwisata yang berbasis seni dan budaya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam,” ungkap Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto. Lebih lanjut Ning Ita mengatakan, Festival Mojotirto Mojopahit ini, merupakan event tahunan yang akan menjadi agenda seni dan budaya di Kota Mojokerto. Sempat vakum di tahun 2020 disebabkan adanya pandemic covid 19, namun di tahun 2021 ini, dengan segala keterbatasan karena harus mengikuti protokol kesehatan. Peringatan Hari air sedunia dengan Festival Mojotirto Mojopahit, bisa kita laksanakan dengan lancar. “Dan hasilnya nanti dalam bentuk video akan kita publikasikan untuk bisa dinikmati oleh masyarakat.  Jadi momen ini memang tidak bisa disaksikan secara langsung oleh warga Kota Mojokerto, tapi kami akan menyajikan dalam bentuk video atau filmnya,” ungkap Ning Ita.

Walikota Ika Puspitasari (Ning Ita ) 
Wawali Ahmad Rizal (Cak Rizal )
Masih kata Ning Ita, perlu diketahui, salah satu bagian dari kawasan wisata bahari Majapahit, ada wisata dalam bentuk agro, yaitu petik jeruk. Saat ini, benih jeruk sudah ditanam sebagian, yang nanti akan secara berkelanjutan diselesaikan di lahan seluas 2,2 hektar milik BBWS. “Wisata yang berbasis sejarah dan budaya Mojopahit, grand desainnya teman-teman bisa melihat secara langsung. Disana akan ada taman budaya, tempat teater dengan kapasitas 1000 orang, museum Mojopahit,  pendopo agung , yang menarik, kapal Mojopahit. Yang di desain untuk foodcourt atau tempat jamuan dibantaran sungai. Ini mungkin belum ada dibeberapa daerah lainnya. Bisa menikmati kuliner Mojokerto di atas kapal Mojopahit. Kemudian ada juga, camping ground seluas 1 hektar. Jadi ketika ada perkemahan skala regional bisa dilaksanakan di kota Mojokerto dengan segala fasilitas termasuk outboundnya,” papar Ning Ita. ( Adv. / Wib )

 

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS