DEWAN KEBUDAYAAN DAERAH KOTA MOJOKERTO DI KUKUHKAN

Baca Juga

 

Walikota Ning Ita Kukuhkan DKD

Sebanyak 28 orang Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto periode 2021-2025, dikukuhkan oleh Walikota Mojokerto Jawa Timur Ika Puspitasari secara simbolis, di Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk Nomor 50 Kota Mojokerto. Dewan Kebudayaan Daerah dikukuhkan beriringan perayaan Tahun Baru Imlek yang tidak lepas dari adanya akulturasi budaya Tiongkok yang masuk ke Indonesia, seperti halnya di Kota Mojokerto. “Hal itu terbukti dengan adanya klenteng Hok Sian Kiong yang sudah ada sejak penjajahan colonial Hindia Belanda, bangunan tersebut sudah menjadi bukti bahwa  akulturasi dari budaya Tiongkok yang masuk ke Indonesia,” tutur Wali Kota Mojokerto  saat memberikan sambutan saat Pengukuhan DKD Kota Mojokerto. Sabtu malam, (13/2/2021).

Kepada DKD Kota Mojokerto yang baru saja dikukuhkan Ning Ita sapaan akrabnya berpesan, dengan Spirit Of Mojopahit sekaligus  mendukung visi Kota Mojokerto, yang berdaya saing, mandiri, demokratis, adil makmur, sejahtera dan bermartabat. “Saya berkomitmen penuh untuk peduli, dan untuk terus memajukan seni dan budaya daerah yang ada di Kota Kojokerto, hal ini saya buktikan didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 salah satunya prioritasnya adalah  pembangunan sektor pariwisata yang berbasis sejarah dan budaya,” ungkapnya. Walikota Perempuan pertama ini menambahkan, keberadaan DKD sangatlah strategis sebagai mitra Pemda, sebagai konseptor dalam melaksanakan pembinaan dan juga pengembangan kebudayaan dengan meningkatkan sektor-sektor kebudayaan, yang lebih memperkuat pada kearifan lokal.

Tidak itu, Orang nomor satu di Kota Mojokerto itu menyebutkan, kebedaraan DKD juga sebagai pelaksana untuk pengembangan seni budaya melalui peningkatan aktifitas, serta peningkatan kualitas seni dan kebudayaan, juga apresiasi seni dan budaya bagi warga Kota Mojokerto. “Saya juga berharap dengan terbentuknya DKD ini bisa menjadi aspirasi, pokok-pokok pikiran antara Pemerintah dengan masyarakat yang peduli terhadap pemajuan kebudayaan,” tegasnya. Pengkuhan DKD yang  diselenggarakan oleh  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kota Mojokerto itu, dihadiri Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sonny Basuki R, seluruh Camat dan Kepala Sekolah dan Guru di lingkungan Dikbud Kota Mojokerto. Turut serta menyambut Pengukuhan DKD ini, penampilan Tari dari siswa didik serta hiburan Wayang Potehi dari Museum Gubuk Wayang Kota Mojokerto. Ning Ita juga menerima cindera mata dari DKD Kota Mojokerto yang diserahkan oleh Ketua DKD Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. (wib)

 

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS