INDONESIA MENUJU PIALA DUNIA SEPAKBOLA U 20 TAHUN DEPAN

Baca Juga


PSSI terus mematangkan persiapan gelaran Piala Dunia U20 2021 dan intens berkomunikasi dengan FIFA.

Pematangan persiapan Piala Dunia U20 2021 tak lepas dari fasilitas dan timnas Indonesia U19.

Soal fasilitas, khususnya venue, PSSI telah menunjuk enam dari 10 stadion yang disiapkan untuk kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia kategori junior tersebut.

PSSI telah menyampaikan enam calon venue Piala Dunia U20 2021 tersebut kepada FIFA.

Pihak federasi juga sudah berkomunikasi dengan Kementerian PUPR terkait enam stadion yang telah dipilih PSSI.

"Kami telah melakukan meeting yang penting bagi PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021 bersama beberapa Kementerian," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Banyak hal yang dibahas pada rapat kali ini, seperti mengenai pemilihan enam stadion yang akan menjadi venue tuan rumah dan mengenai struktur kepanitiaan," terang Yunus.

PSSI kemudian meminta enam kandidat stadion ini diharapkan untuk disempurnakan infrastruktur sesuai dengan standar sepak bola internasional yang disarankan oleh FIFA.

Sebab, sekitar pada bulan September atau Oktober mendatang, FIFA akan datang ke Indonesia sekaligus melakukan melakukan inspeksi ke enam yang telah ditunjuk.

"Semoga pertemuan ini akan ada follow up-nya lagi dan memang tadi kami sudah meminta kepada beberapa kementerian agar bisa menerima kami untuk melakukan audiens atau pertemuan," tambah Yunus.

"Presiden Joko Widodo dan beberapa Kementerian terus memberikan dukungan penuh kepada PSSI, itu yang sangat membanggakan kita," terang Yunus.

"PSSI akan terus berkomunikasi dan beraudiensi kembali untuk menjelaskan secara rinci ke beberapa Kementerian, dan direncanakan mulai minggu depan," ungkap pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Gelaran Piala Dunia U20 2021 akan berlangsung pada tanggal 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang.

Sementara Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan telah menentukan 6 stadion untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 6 Stadion tersebut meliputi:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

2. Stadion Jakabaring, Palembang

3. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

4. Stadion Manahan, Solo

5. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

6. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Sebelumnya, PSSI sudah mengusulkan 11 kandidat stadion kepada FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021.

Dengan demikian, 5 stadion yang tak terpilih ialah; Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru). 

Menurut lwan Bule, pemilihan 6 stadion di atas didasarkan pada pertimbangan keterwakilan tiap provinsi dan sudah masuk ke Kementerian PUPR. 

Adapun dua stadion yang menurut lwan Bule yang sudah hampir 100% siap ialah Stadion Manahan Solo dan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sayang Pulau Kalimantan tidak terwakili. Padahal ada Stadion Palaran atau Batakan.(end)




DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD