CIPTAKAN REKOR MURI DITENGAH PENDEMI

Baca Juga



Warga Kabupaten Mojokerto Jawa Timur beserta seluruh komponen elemen masyarakat lainnya patut berbangga. Dikala pandemi covid 19 belum landai, BKKBN berhasil menciptakan rekor MURI, melalui sejuta akseptor KB se Indonesia. Warga Kabupaten Mojokerto Jawa Timur turut serta menyumbang 9132 akseptor nya. Dan ini kado special buat BKKBN yang berulang tahun ke 27. Dengan demikian BKKBN memecahkan rekor MURI ke 4809 pelayanan serentak sejuta akseptor KB se Indonesia.

Kabupaten Mojokerto yang ditarget pelayanan 1.404 akseptor KB, berhasil mencapai raihan  9.132 akseptor (650%) yang meliputi 959 akseptor IUD atau spiral, 1.808 Implan, 138 Akseptor Metode Operasi Wanita (MOW), 4.277 pengguna suntik KB, 1.651 Pemakai Pil dan 369 akseptor dengan alat kontrasepsi kondom. Pelayanan yang dilakukan meliputi pelayanan KB baru, pelayanan KB ulangan dan KB ganti cara.

Sebagai fungsi utama dalam pelayanan KB, Kabupaten Mojokerto mempunya 42 Fasilitas Kesehatan, 394 Praktik Mandiri Bidan (PMB) dan 1.828 Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) yang mempunyai tugas memberikan Komunikasi, Informasi dan edukasi serta pelayanan pemakaian alat kontrasepsi.

Dikatakan Bupati Mojokerto Pungkasiadi, sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah melalui program pelayanan serentak sejuta akseptor ini, sebagai contoh inovasi di tengah pandemi Covid-19. Hal ini diungkapkan disela-sela kunjungan kerja pelayanan KB di salah satu Praktik Mandiri Bidan di Desa Japan Kecamatan Sooko, Senin (29/6).

“Saya yakin, pelayanan serentak ini tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, baik tenaga kesehatan maupun akseptornya,” kata dia

Pemerintah Kabupaten Mojokerto sendiri terus fokus pada empat tahapan penanganan penyebaran Covid-19. Antara lain mengurusi kesehatan masyarakat, Jaringan Pengamanan Sosial (JPS), Pemulihan ekonomi dan tahap keamanan sosial.

Akur bin kompak
Diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (P2KBP2) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Joedha Hadi, keberhasilan program pelayanan serentak sejuta akseptor ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan Koordinasi yang baik dengan mitra kerja, antara lain Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Fasilitas Kesehatan, TNI, Polri dan IMP.

“Terima kasih atas kerja keras teman-teman petugas lapangan, kita akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata dia

Sebagai tambahan informasi, pada peringatan Harganas (Hari keluarga Nasional), diselenggarakan juga kegiatan baksos “Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor KB” dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-69 dengan tema “Saatnya Bidan dan Perempuan Bersatu Bergerak Bersama untuk Mencapai Kesehatan Ibu dan Anak Menuju Indonesia Maju.” (nr/end)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS