KAMPOENG TANGGUH CEGAH TANGKAL PENYEBARAN COVID19

Baca Juga

Warga Dusun Jetak Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Simulasikan Pemulasaran jenasah Pasien covid19, Dalam Launching Kampoeng Tangguh, Rabu 27 Mei 2020



Guna memutus mata rantai penyebaran covid 19, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Mojokerto Jawa Timur, dalam hal ini Polsek Gondang Mojokerto  bersama pemerintah daerah setempat, serta Kodim 0815 Mojokerto melaunching kampung tangguh di Dusun Jetak Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Rabu 27 Mei 2020.

“Rencananya disetiap desa ada satu kampung tangguh yang bisa dijadikan percontohan bagi desa atau kelurahan lainnya,” kata Kapolsek Gondang Mojokerto Jawa Timur, AKP Purnomo disela-sela lauching kampung tangguh di Dusun Jetak Desa Pugeran Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Dikatakan Kapolsek, pembentukan kampung tangguh ini dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada di setiap desa dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19. Menurutnya, jika ditingkat desa sudah kokoh, otomatis hal yang sama juga akan diterapkan ditingkat RT dan RW.

AKP Purnomo Kapolsek Gondang Mojokerto, Didampingi Danramil Kodim
0815 Kapten  TNI AD Saiku, serta Kades Pugeran Gondang Muhammad Arif
“Nah ketika penerapan disuatu desa atau kelurahan sudah kuat, pasti akan mempengaruhi ke tingkat Kecamatan, Kabupaten, dan seterusnya,” paparnya.

 
Lebih lanjut AKP Purnomo mengatakan, tahap pertama pembentukan kampung tangguh ini yakni minimal ada satu kampung ditiap desa. Selanjutnya, kampung tangguh ini akan menjadi percontohan untuk diduplikasi ke kampung yang lain.

 “Ada tiga program dalam kampung tangguh ini yakni penanganan kesehatan, keamanan, hingga ketersediaan pangan bagi warganya,” urainya.

AKP Purnomo menjelaskan, dalam hal penerapan protokol kesehatan, setiap penghuni kampung tangguh akan didata riwayat perjalanannya, selama keluar dari gerbang kampung tangguh. Hal ini bertujuan untuk melihat riwayat perjalanan, jika sewaktu-waktu yang bersangkutan terpapar Covid-19.

“Jika sewaktu-waktu dilakukan treacing, maka bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Pugeran Muhammad Arif sangat mengapresiasi gagasan pihak kepolisian dalam pembentukan kampung tangguh ini. Menurutnya, dengan melibatkan semua elemen masyarakat maka Covid-19 ini, maka penyebaran Covid-19 akan terkontrol.

Kades Pugeran Mojokerto Jawa Timur, Muhammad Arif. Memberikan Bantuan Sembako
Kepada Warga Terdampak Covid19.

“Semoga bisa menjadi percontohan untuk desa atau kelurahan yang lain,” harapnya.
Dikatakan Arif, sebagai kepala desa pihaknya akan selalu mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk pembentukan kampung tangguh. Sehingga harapan pemerintah bersama masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19 segera terwujud.

Sementara itu berdasarkan pantauan “detakinspiratif.com, launching kampung tangguh tersebut, tampak hadir Kapolsek Gondang AKP. Purnomo, Danramil Gondang Kapten TNI AD Saiku, Kades Pugeran Muhammad Arif serta jajaran Forpimka setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta karang taruna.

Launching Kampoeng Tangguh Di Dusun Jetak Desa Pugeran
Kecamatan Gondang Mojokerto Jawa Timur Oleh
Forkompincam
 
Selanjutnya, seluruh peserta yang hadir disuguhi pertunjukkan simulasi penanganan pemulasaran jenasah pasien covid 19. Dengan penerapan physical distancing protokol kesehatan. Mulai pengambilan jenasah dari mobil ambulance, penyemprotan cairan disinfektan jenasah pasien yang ada dalam peti mati, hingga ke liang lahat. Kemudian baju alat pelindung diri petugas dimusnahkan dengan dibakar usai melakukan pemulasaran. Petugas pemulasaran juga disemprot desinfektan usai melakukan tugasnya.

Pembagian sembako kepada warga masyarakat terdampak. Warga terdampak yang akan menerima bantuan sembako harus menerepakan protokol kesehatan. Menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau desinfektan, dicek kesehatannya, diukur suhu tubuh dengan termal gun. Baru mendapatkan sembako. (wib)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD