TARGET PORPROV DAN NASIB PS. MOJOKERTO PUTRA DI PUNDAK KONI

Baca Juga

Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Mojokerto Periode 2020-2024. Di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto, Jum'at 14 Februari 2020.

Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mojokerto periode 2020-2024, yang baru saja dilantik oleh KONI Propensi Jawa Timur di Pendopo Graha Maja Tama, Jum'at (14/2/2020). Mempunyai tanggungjawab berat.

Kepengurusan KONI yang sekarang, dituntut bekerja ekstra untuk kedepannya. Selain memperbaiki peringkat di ajang Pekan Olahraga Provinsi ( PORPROV ) dari peringkat 30, menyodok ke peringkat 10 besar. Seperti diketahui di Porprov 2019 Kabupaten Mojokerto, memperoleh 1 medali emas, 9 perak dan 7 perunggu, peringkat 30 dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur.

Tidak hanya di kejuaraan Porprov saja, tentunya pekerjaan rumah dari kepengurusan KONI yang baru, dituntut untuk mengakomodasi semua aspirasi masyarakat olahraga di Kabupaten Mojokerto.

Kasus PSMP MOJOKERTO, yang mendapat sangsi dari PSSI selama 3 tahun. Dan, keinginan masyarakat pecinta sepakbola berharap, pemerintah daerah untuk mengelola kembali PSMP, dan meminta kembali PSMP dari pengurus yang lama. Ini juga bagian dari pekerjaan rumah yang tidak ringan. Karena tuntutan masyarakat yang peduli akan sepakbola di Mojokerto. PSMP merupakan klub sepakbola daerah milik warga Kabupaten Mojokerto, yang saat ini dikelola oleh PT Semangat Mojokerto Putra dengan pengelolanya Firman Efendi, Didik Khusnul Yakin serta almarhum Hendro.

Selain itu pula, untuk menjadikan Mojokerto bisa berbicara ditingkat regional dalam hal olahraga. Hadirnya pemerintah serta dukungan pihak swasta yang notabene bisa menjadi bapak asuh bagi atlit maupun pegiat olahraga itu yang sangat diharapkan. Mengapa demikian. Tanpa kehadiran pemerintah serta kepedulian pihak swasta ditengah masyarakat olahraga, krisis prestasi dan minim atlit pasti terjadi. 

Minimnya sarana dan prasarana untuk latihan atlit dalam rangka pembinaan usia dini. Juga kendala pula dalam capaian prestasi.

Di Mojokerto banyak perusahaan tapi, mereka enggan peduli dengan prestasi olahraga. 

Kendala finansial untuk pembinaan atlit serta pengurus juga harus dipikirkan. Bagaimana akan mempunyai prestasi tinggi tanpa dukungan anggaran yang cukup. Itu juga bagian pekerjaan rumah para pengurus KONI yang baru.

Keinginan dari bupati Pungkasiadi, untuk menghidupkan kembali prestasi olahraga yang lama vakum untuk pembinaan usia dini seperti, PORSENI atau O2SN untuk pelajar. 

Begitu pula keinginan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Berharap daerah menghidupkan Pekan Olahraga Desa (PORDES) dengan harapan, pemuda atau remaja desa yang punya bakat olahraga bisa terakomodir. Sehingga bisa mengurangi kenakalan remaja dan terhindar dari kasus narkoba dan kasus pidana lainnya.

Bupati juga memberi rekomendasi strategi pembinaan atlet olahraga, yakni dengan metode sport scence. Model latihan ini meliputi 8 bagian penting antara lain pelatihan, fisik, kedokteran, fisioterapi dan rehabilitasi, relaksasi, gizi, psikologi, dan peneliti. Tujuan metode ini adalah guna mewujudkan skuat yang fit, bugar dan bebas cedera pasca pertandingan.

Ketua baru KONI Kabupaten Mojokerto Suher Didieanto, dalam komitmennya menyatakan bahwa kabinetnya siap menjalankan amanah dengan baik. Suher mengharapkan agar KONI Kabupaten Mojokerto dapat mengikuti pelaksanaan Porprov tahun depan dengan baik.

Suher Didieanto Ketua KONI Kabupaten Mojokerto Periode 2020-2024.

“Kami mohon doa restu kepada KONI Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Mojokerto, untuk menjalankan amanah ini. Kami mohon dukungan agar KONI Kabupaten Mojokerto, bisa berprestasi di Porprov 2021 mendatang,” katanya.

Siswanto Sekretaris KONI Provinsi Jawa Timur pada sambutanya mengatakan harapan agar atlet-atlet Kabupaten Mojokerto terus berprestasi. Hal itu harus diimbangi dengan kinerja KONI Kabupaten Mojokerto, yang juga harus prima.

“Saya mohon agar setelah pelantikan ini, Pak Suher dan kabinet segera melakukan konsolidasi organisasi untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Saya minta atlet-atlet Kabupaten Mojokerto bisa meningkatkan prestasi di Porprov 2021 mendatang,” pesan Siswanto.

Prosesi pelantikan dipimpin Ketua KONI Provinsi Jawa Timur Erlangga Satriagung, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris KONI Provinsi Jawa Timur Siswanto. Anggota KONI Kabupaten Mojokerto yang baru dilantik, berjumlah 47 orang dengan Ketua Umum Suher Didieanto.(end)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD