KPK SITA KEMBALI ASET MANTAN BUPATI MKP

Baca Juga

Sebuah Apotik dan Rumah Yang Diduga Milik Mantan Bupati Mojokerto, MKP. Disita oleh Penyidik KPK dalam dugaan Kasus TPPU


Penyidik Komisi Pemberantas Korupsi ( KPK ), masih melakukan penyidikan di Mapolres Mojokerto Kota Jawa Timur terhadap para kroni mantan Bupati Mojokerto Mustafa Kamal Pasa ( MKP ), yang diduga terkait kasus tindak pidana pencucian uang ( TPPU ). Selain itu penyidik KPK, melakukan penyitaan sejumlah harta benda yang diduga milik mantan Bupati Mojokerto itu. KPK melakukan penyidikan dari tgl. 18-21 Februari 2020.

Hal itu diungkapkan oleh, Kapolres Mojokerto Kota Jawa Timur, AKBP Bogiek Sugiyarto kepada wartawan. “Penyidik KPK pinjam tempat, untuk penyidikan di aula Wira Pratama dari tgl. 18-21 Februari 2020,” ujar ia.

Penyidik KPK juga melakukan penyitaan, asset harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan dan kendaraan bermotor baik di Mojokerto maupun diluar Mojokerto Jawa Timur. Pemeriksaan penyidik KPK tidak hanya dilakukan terhadap sejumlah pejabat  Pemkab Mojokerto saja. 

Ada juga pejabat Pemkot Mojokerto yang diperiksa oleh penyidik KPK, diduga terkait kasus TPPU mantan Bupati MKP, seperti Moch. Ali Imron Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPM-PTSP ).

Moch. Ali Imron datang memenuhi undangan penyidik KPK di Mapolres Mojokerto Kota sejak pukul 08.00-13.45 WIB.

Moch. Ali Imron Kepala DPM-PTSP Kota Mojokerto
Kepada wartawan Moch. Ali Imron mengatakan, ia diperiksa terkait 5 perusahaan milik mantan Bupati Mojokerto yang ada di Kota Mojokerto. “ Saya diperiksa terkait 5 perusahaan yang tidak ada di Kota Mojokerto,”ujarnya.

“ Ini berkas dokumen perijinan perusahaan milik pak MKP, dari tahun 2018,2019, 2020 itu saja,”ungkapnya.

Para kepala Desa di Kabupaten Mojokerto yang mendapatkan anggaran bantuan keuangan ( BK ), juga diperiksa. Kepala Desa Desa petak Kecamatan Pacet Mojokerto Jawa Timur, Supoyo. Menerima anggaran BK sejak tahun 2016 untuk pembangunan pasar Kembangsore Park. Namun pembangunan pasar belum genap dua tahun itu, telah porak poranda terkena guyuran hujan.

Seperti pembangunan gapura masuk seperti Candi Wringin Lawang Majapahit. Hancurnya gapura di pasar kembangsore Desa Petak Kecamatan Pacet Mojokerto Jawa timur itu sempat viral dimedia social.

Kepala Desa di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, yang diperiksa oleh penyidik KPK terkait penggunaaan anggaran bantuan keuangan desa, Kades Petak Pacet, Kades Trowulan, Kades Terusan Gedeg, Kades Mojo Wates Dlanggu, Camat Gedeg Mojokerto Jawa Timur, Edi Catur.

Yang paling sering diperiksa penyidik KPK, tampak Kepala Badan Kepegawaian Kependidikan dan Kepelatihan ( BKPP ) Pemkab Mojokerto, Susantoso. Susantoso diperiksa diduga, terkait kasus jual beli jabatan yang masuk dalam kasus TPPU mantan Bupati MKP. Seringkali ia mondar-mandir di Mapolres Mojokerto Kota, di aula Wira Pratama yang digunakan penyidikan penyidik KPK.

Susantoso Kepala BKPP Kabupaten Mojokerto
Mereka – mereka orang terperiksa penyidik KPK, sejak tanggal 18 hingga 19 Februari 2020 di aula Wira Pratama Mapolres Mojokerto Kota Jawa Timur. Sony Ukar Dinata Kepala Pengembangan Bisnis Cabang PT BCA tbk. Kantor cabang utama Mojokerto, Joko Puspito Sales Manager PT Srikandi Diamond Indah Motor, Beta Mangku Alam alias Robet Marketing CV. Musika, Nano Santoso Hadianto alias Nono orang kepercayaan MKP, Emma W. Marketing Exekutive The Gayungsari, Linda Listya Staf Operasional PT. Kamilindo Sejahtera, Muslim Faizi Kepala BPN Surabaya I, Abdullah Mochtar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPM-PTSP ) Pemkab Mojokerto, Moch. Ali Imron Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPM-PTSP ) Pemkot Mojokerto, Supoyo Kades Desa Petak Kecamatan Pacet, Zainul Anwar Kades Trowulan, Wiherno Ketua TPK Desa Petak Pacet Mojokerto, Ketua Pus KUD Jatim, Pemegang Saham rokok Sampoerna di Desa Gondang dan Ngawi, Eny mantan Kasi Ketenagaan Dinas Pendidikan Pemkab Mojokerto, Susantoso Kepala BKPP, Teguh Gunarko Kepala Dinas Pertanian mantan Kepala DPPKA, Nauli bagian Keuangan CV. Musika, Edi Eko Sutarwanto Kades Terusan Kecamatan Gedeg Mojokerto.

Penyidik KPK, juga telah menyita apotik yang diduga milik mantan Bupati MKP di jalan raya Terusan Kecamatan Gedeg Mojokerto nomor 332 dan sebuah rumah di Gayungsari Surabaya yang diduga atasnama Hj. Fatimah, berencana digunakan untuk praktek Kedokteran. (Nmu)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD