BENTUK KARAKTER ANAK, PELAJAR SD DAN SMP SEDERAJAT KHUSUS MUSLIM DI MOJOKERTO WAJIB HAFAL AL QUR'AN JUZ 30

Baca Juga

Zainul Arifin Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.

Di era abad millenial saat ini, para orang tua diwajibkan untuk memberikan bimbingan pondasi agama kepada anaknya. Agama apapun, agar si anak mempunyai pondasi dasar agama yang kuat. Nantinya, tidak terjerumus kedalam dunia kesesatan.

Di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Dinas Pendidikan mengharuskan semua lembaga pendidikan di tingkat SD/ SMP sederajat. Diwajibkan anak didiknya bisa menghafal Al-Qur'an Juz 30, bagi yang muslim. 

Sementara bagaimana dengan mereka yang non muslim. Juga diharuskan menekankan kepada kaidah keimanan mereka.

Setiap sekolah SD/SMP sederajat yang muslim diwajibkan memutar murotal Al Qur'an Juz 30 selama setengah jam sebelum pelajaran dimulai dari pukul 06.00-07.00 WIB pagi.

Hal itu dikatakan oleh Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Pujiati. Usai Lounching program EMAS ( EMPATI ANAK SEBAYA) dan GEMAJUZA ( GERAKAN MENGHAFAL JUZ AMMA). Di pendopo graha praja tama pemkab setempat. Rabu (18/12).

Lounching dihadiri oleh plt. Bupati Pungkasiadi. Serta OPD lainnya. Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Zainul Arifin, program ini atas dasar UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang kegiatan dan 62 Tahun pada 2014 Pendidikan Nomor Ekstrakulikuler Menengah; Dasar. Serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal.

Zainul juga mendorong seluruh lembaga sekolah jenjang SD, SMP sederajat melaksanakan program EMAS (Empati Anak Sebaya) dan Gemajuza dalam mendukung pemerataan pendidikan dan Penguatan Pendidikan Karakter pada peserta didik.

Dalam acara tersebut dihadiri siswa siswi 1.100 orang, terdiri dari Pengawas SD dan SMP, Kepala Sekolah SD, SMP sederajat se- Kabupaten Mojokerto, Guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik yang hafal Juz Amma.

Jumlah siswa siswi yang hafal Juz Amma sekolah dasar sebanyak 74 dan SMP sebanyak 310. Mereka nanti akan mendapatkan sertifikat dan Al-Qur'an. Dalam kegiatan Louncing ini juga diserahkan bantuan dari Bank Jatim Cabang Mojokerto berupa 2 (dua) Sepeda Motor kepada Pemda diperuntukkan SMPN 1 Sooko dan SMPN 1 Mojosari. (MJ-1)






DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD