AWAS ! ANOMALI CUACA POHON TUMBANG DAN BAHAYA KEBAKARAN

Baca Juga

Bangunan Rest Area Petirtaan Jolotundo Trawas Mojokerto Jawa Timur Tertimpa Pohon




Anomali cuaca yang terjadi dikawasan Mojokerto dan sekitarnya, beberapa hari ini, berdampak pada pepohonan yang sudah rapuh bertumbangan.

Seperti yang terjadi dikawasan wana wisata petirtaan Candi Jolotundo Trawas Mojokerto Jawa Timur. Pohon besar jenis Gondang dengan diameter 60 centimeter menimpa bangunan food court di Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten .

Heru Utomo koordinator obyek wisata di Jolotundo mengatakan, angin kencang di sekitar Petirtaan Jolutundo mengakibatkan pohon Gondang ambruk dan menimpa bangunan food court.

Heru menambahkan, bangunan food court senilai 2,5 miliar rupiah milik Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto dibangunan dekat dengan area parkir wisata petirtaan Jolotundo.

"Pohon tumbang sekitar pukul 08.00 Wib. Kondisi Food Court sendiri pembangunannya baru selesai pada akhir tahun 2018 lalu. Bangunan belum difungsikan masih kosong," kata Ia.

Tidak ada korban jiwa. Pihaknya sudah koordinasi dengan Perhutani, Disparpora, Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto.

"Bangunan foodcourt belum dilakukan serah terima. Sehingga, sifatnya masih dalam perawatan," terang Ia. Namun karena belum ada serah terima terkait bangunan food court tersebut sehingga kerugian masih ditanggung pemborongnya dan sifatnya masih dalam perawatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini sudah berupaya evakuasi pohon gondang yang menimpa bangunan Foodcourt dikawasan Petirtaan Jolotundo Trawas.

"Berdasarkan pantauan radar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, kecepatan angin ketika itu sekitar 30-40 km per jam terpantau di wilayah selatan, kami telah melakukan pemotongan pada pohon jenis Gondang," kata Zaini, Rabu (14/8/2019).

"Pohon berjenis Gondang dengan diameter kurang lebih 60 centimeter, tumbang dan menimpa bangunan food court atau rest area milik Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)," terang Zaini.

Muhammad Zaini juga menjelaskan, hanya satu bangunan yang tertimpa oleh pohon tersebut. Beruntung, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban yang mengalami luka luka. ( MJ-1 )


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD