100 HARI KERJA WALIKOTA TINGKATKAN EKONOMI KREATIF

Baca Juga

Walikota Mojokerto Ika Puspisari, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Novi Rahardjo dan Tim Mojokerto Academi Space, Selasa ( 5 / 3 )


Kota Mojokerto terletak 50 km barat daya Surabaya. Mojokerto merupakan kota penyangga utama Ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kota ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dilihat dari pendapatan asli daerah setiap tahun mengalami peningkatan. Kota Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. Saat ini terdapat Tol SUMO ( Surabaya-Mojokerto ) yang mendorong perkembangan Kota Mojokerto semakin pesat. Wilayah Kota Mojokerto berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto.
Alun-alun Kota Mojokerto terletak di pusat kota. Bagi warga Kota Mojokerto dan sekitarnya merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana bersantai bagi keluarga di akhir pekan. Kawasan ini setiap minggu pagi digunakan sebagai kawasan bebas kendaraan ( car free day ). Khusus olahraga, sepeda onthel masih diperbolehkan.
MOU, Walikota Dengan Moka Space
Disekitar kawasan alun-alun ada masjid cagar budaya namanya masjid Agung Al –Fattah yang saat ini sedang direnovasi.
Untuk tempat wisata kuliner pedagang kaki lima ditempatkan di kawasan Benteng Pancasila, sebagai sarana wisata kuliner. Minggu pagi kawasan ini menjadi pasar rakyat, semua dagangan ada disana.
Di Kota Mojokerto juga ada sarana ibadah umat nasrani tertua yakni Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat merupakan salah satu gereja tertua di Kota Mojokerto dan merupakan peninggalan zaman Belanda. Masjid Agung Al-Fattah didirikan pada zaman Belanda tepatnya pada tanggal 7 Mei 1878 berada di pusat kota sebelah Barat Aloon-aloon.
Ada juga Klenteng Hok Siang Kiong yang memiliki sejarah didirikan pada tahun 1895. Ciri khas kedua bangunan itu adalah bentuk arsitekturnya yang khas Cina.  
Bagi yang suka olahraga renang dan rekreasi keluarga, ada pemandian Sekar Sari terletak di tengah kota. Tempat rekreasi ini dilengkapi kolam renang dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, wartel, toko alat-alat olahraga dan rumah makan yang menjual beraneka ragam makanan (bakso, kikil, soto ayam, dan lain-lain).
Di Kota Mojokerto kini ada mall yaitu Sunrise yang dibuka pada Juni 2016. Mall ini biasanya ramai pada saat weekend. Terdapat beberapa brand makanan dan Fashion terkenal di mall ini, seperti J.co, Bread Talk, Sport Stations, Matahari, D'cost, Optik Melawai, Game Fantasia, Amazone, dan juga CGV Blitz (Bioskop). Mall ini sekaligus menjadi mall pertama dan terbesar di Kota Mojokerto saat ini. Selain mall, akan dibuat Ayola Hotel yang nantinya langsung terkoneksi dengan Sunrise Mall, dan sekarang masih dalam tahap pembangunan.
Walikota Ika Puspitasari
Mojokerto terkenal dengan makanan ringan khasnya yaitu onde-onde. tahu tek/lontong. Banyak sekali toko yang menjual onde-onde, salah satunya yaitu Bo Liem.  
Wali Kota Mojokerto terpilih Ika Puspitasari, ingin meningkatkan lagi Kota Mojokerto menjadi kota kreatif. Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto saat ini, dalam masa kepemimpinannya berupaya menjadikan Spirit of Mojopahit sebagai kekuatan. Kebesaran akan Kerajaan Mojopahit yang kesohor itu akan dijadikan magnet wisatawan maupun pedagang untuk singgah dan berinvestasi di Kota Mojokerto. Kota Mojokerto “Ini sebagai little of miracle, sebuah keajaiban kecil dari Mojokerto. Kekuatan merk yang akan dibangun untuk destinasi wisata. Kedepan, kami terus membangun keunggulan kompetitif daerah sebagai aktor penggerak bisnis,” jelasnya 
Di 100 hari program kerjanya, walikota terpilih Ika Puspisari mendorong percepatan program ekonomi kreatif. Guna meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Mojokerto secara komprenhensif. Sebagai tindak lanjut misi lima tahun kedepan.
Dengan mendirikan Mojokerto Akademi Space (Moka Space). Program yang segera ditindaklanjuti dengan pendirian badan hukum ini di diresmikan melalui penandatanganan Master Of Understanding (MoU) dengan sejumlah komunitas ekonomi kreatif di Kota ini.
Penandatanganan itu disaksikan Indonesia Creatif Citys Network (ICCN), sebuah lembaga yang merupakan kepanjangan tangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraft).
Walikota Mojokerto Ika Puspitasari berharap pasca MoU ini akan berdampak terhadap kebijakan untuk memenuhi program 100 hari kerja pemerintahan Walikota Ika Puspitasari - Wawali Achmad Rizal Zakariyah.

Walikota Ika Puspisari
Berikan Statemen Kepada Media
"Program ini berdampak terhadap kebijakan 100 hari pemerintahan kami. Kami harapkan program ini akan menstimulasi penggiat ekonomi di Kota Mojokerto," kata Walikota Ika Puspitasari, Selasa siang  (5/3) diruang walikota.
Ia mengungkapkan Pemkot akan memfasilitasi badan anyar tersebut.  "Kami akan memberikan fasilitas berupa bekas kantor Dispenduk Capil di Kranggan. Dengan bersinergi dan berintegrasi ini ekonomi kreatif dan UKM di Kota ini akan lebih sejahtera," tambahnya.  
Kepala daerah yang akrab dipanggil Ning Ika ini mengatakan komunitas ini akan menjadi start up untuk menggerakkan ekonomi secara makro. "Ini akan menjadi penggerak ekonomi kreatif di Kota ini.  Jadi komunitas kopi, komunitas musik, kelompok ekonomi kreatif mak-mak untuk urusan aksesoris, sulam akan menjadi komunitas masyarakat ekonomi kreatif Kota Mojokerto," tandasnya.
Tak hanya itu, program yang diharapkan segera berjalan tersebut akan difasilitasi dengan kemudahan mendapatkan suntikan modal.  "Modal dan pemasaran akan bekerjasama dengan Program Pusyar BPRS Syariah Kota Mojokerto. Ada anggaran Rp 5 miliar yang disediakan sebagai pinjaman tanpa bunga. Tahun lalu program ini diakses 9.000 lebih warga."
Sementara itu  Wakil Deputi Pemasaran dan Hubungan Antar Wilayah Indonesia Creatif Citys Network, Hafshoh Mubarak mengatakan wadah baru ini nantinya akan menjadi sebuah tempat, ajang pelaku ekonomi kreatif dan bisa berbagi. "Disana akan disediakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Mojokerto," pungkasnya.
10 Prinsip Kota Kreatif
10 Prinsip ini merupakan hasil dari Konferensi Kota
Kreatif pada tanggal 27 April 2015 di Kota Bandung
Welas Asih
Menjunjung keanekaragaman soosial budaya yang berpijak pada nilai silih asih, silih asah dan silih asuh
Inklusif
Memuliakan nilai - nilai kemanusiaan serta menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, solidaritas, & perdamaian
Pelindung HAM
Kota yang membela segenap hak ekonomi, sosial dan budaya masyarakatnya
Pemulia Kreatifitas
Mengembangkan kecerdasan, kearifan lokal, keterampilan, daya cipta serta kemampuan nalar, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan penciptaan dan inovasi
Tumbuh bersama Lingkungan Lestari
Kota yang hidup selaras dengan dinamika lingkungan dan alam sekitar
Pemelihara Kearifan sejarah serta pembangun semangat pembaharuan
Menciptakan masa depan yang lebih baik untuk seluruh masyarakatnya
Dikelola secara transparan, adil dan jujur
Mengedepankan nilai gotong-royong dan kolaborasi serta membuka akses dan partisipatsi masyarakat untuk terliba membangun kotanya
Pemenuh kebutuhan dasar Masyarakatnya
Selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan kualitas hidup masyarakatnya
Memanfaatkan energi terbarukan
Senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan energi secara bijak dan berkelanjutan
Penyedia fasilitas umum yang layak
Fasilitas umum yang ramah bagi semua kalangan termasuk kelompok masyarakat rentan dan berkebutuhan khusus

Kenapa kota kreatif?
ada beberapa alasan mengapa harus menjadi kota kreatif
  • Di tahun 2050, **70% penduduk dunia** akan **hidup di perkotaan** (PBB, 2014).
  • Semua kota di dunia berkomitmen memenuhi Tujuan **Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals 2030** dan menjalankan **The New Urban Agenda**.
  • Kota adalah **entitas yang paling lentur dan tangguh** dalam menghadapi berbagai tantangan terkini, seperti Perubahan Iklim dan Perpindahan Massal Manusia.
  • Kita sudah **masuk dalam Era Revolusi Industri 4.0** yang bercirikan sistem cyberfisik, dengan dominasi tren otomasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur - sehingga daya cipta, cara berpikir kreatif, kemampuan kognitif, dan pemahaman terhadap teknologi dan sistem “cerdas” menjadi modal utama manusia untuk dapat bertahan dan berkembang. ( wib )


DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD