KESEHATAN DEWI SUDAH MEMBAIK USAI KESETRUM LISTRIK KETIKA LATIHAN

Baca Juga

Dewi Yuliawati Ketika Latihan Di  Bandung




JAKARTA -- Atlet dayung pelatnas Indonesia Dewi Yuliawati tersengat aliran listrik saat berlatih di Situ Cileunca, Pengalengan, Jawa Barat, Minggu (11/2). Dewi mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuhnya.


Manajer tim dayung Indonesia Budiman Setiawan mengatakan peristiwa nahas itu terjadi lantaran adanya kabel melintang milik PLN yang menyentuh permukaan air di Situ Cileunca.


"Kondisi itu membuat kabel jadi sedikit melengkung dan berpotensi menyentuh air jika kondisi permukaan air tinggi. Kalau kondisi air rendah sebenarnya tidak masalah, tapi karena curah hujan yang tinggi sejak kemarin, permukaan air jadi lebih tinggi dan kabel itu jadi kena ke air," kata Budiman kepada wartawan.



"Rowing itu dayungnya menghadap ke belakang. Perahu yang dipakai Dewi terbalik dan jatuh kena kabel. Sehingga mungkin karena bungkusan kabelnya itu bahan karet dan ada yang mengelupas karena sudah usang, jadi kena dayung dan Dewi kesetrum," tutur Budiman menambahkan.
Menpora Imam Nahrawi sudah mendapat kabar insiden yang dialami Dewi.Menpora Imam Nahrawi sudah mendapat kabar insiden yang dialami Dewi dan akan mencari tahu penyebabnya


Lebih lanjut Budiman mengatakan hanya Dewi yang menjadi korban. Dewi yang tampil di Olimpiade Rio sekaligus salah satu andalan Indonesia untuk menyumbang medali emas di Asian Games 2018 langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.


"Kondisinya (Dewi) pagi ini sudah membaik, kemarin sempat terkejut. Yang pasti ada luka bakar, di bagian kaki dan beberapa bagian lain," ungkap Budiman.


Kondisi ini membuat proses pelatnas dayung terganggu. Sebab itu Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) langsung menghubungi pihak PLN.

 
Menpora Imam Nahrowi
"Kami minta tiangnya digeser atau ditinggikan. Kalau ditinggikan, mereka (PLN) harus pasang tiang yang lebih tinggi dan lebih kokoh. Mereka sudah lihat, tapi sampai pagi ini belum dikerjakan," ujar Budiman yang juga Wakil Ketua Umum PB PODSI itu.


"Hari ini kebetulan latihan libur. Harapan kami, mumpung latihan libur, proses perbaikannya bisa cepat dikerjakan, supaya bisa cepat selesai dan tidak mengganggu latihan," tutur Budiman.


Terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku sudah mendapat kabar soal peristiwa tersebut. Ia berharap agar masalah itu bisa cepat selesai dan kejadian serupa tidak terulang lagi ke depannya.


"Semoga Dewi Yuliawati atlet dayung kita segera pulih dan sehat kembali. Saya kaget dan akan cari tahu penyebab utamanya. Pagi ini saya sudah dapat kabar bahwa Dewi sudah bisa senyum dan bicara. Semoga bisa cepat sembuh," harap Imam. ( red / cnn / bayu / end )

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD