BREBES BERDUKA, TEBING LONGSOR 4 ORANG MENINGGAL TERTANAM

Baca Juga

Gunung Lio Brebes Jawa Tengah Longsor, 4 orang meninggal dunia tertanam



BREBES - Bencana tanah longsor kembali terjadi Di Jawa Tengah. Longsor terjadi saat tidak turun hujan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes,  Jawa Tengah, Kamis, 22/2/2018, pukul 08.00 Wib. Longsor terjadi di hutan produksi milik perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan.


Longsor menimbun petani yang sedang bekerja di sawahnya. Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang sawah di bawahnya.


Data sementara, terdapat 14 orang luka-luka dan berhasil diselamatkan. Diduga ada 4 orang yang masih tertimbun longsor. Korban selamat saat ini dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang.


Aparat dari TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, relawan setempat dan masyarakat membantu evakuasi. Saat ini pencarian korban yang tertimbun longsor belum dapat dilakukan. Material longsor masih bergerak sehingga membahayakan petugas. Material longsor cukup tebal dan luas. Masyarakat dilarang berada di lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan.


Di wilayah Kecamatan Salem sudah beberapa hari ini intesitas hujan cukup deras sehingga titik-titik mata air yang berada di wilayah hutan Perhutani Gunung Lio. Kondisi ini menyebabkan beban air tanah bertambah dan menyebabkan longsor. 


Longsor menutup akses jalan provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjargarjo Kabupaten Brebes sehingga tidak dapat dilalui. Posko darurat berlokasi di rumah Abidin Rt.04/01 disiapkan. Pendataan masih dilakukan.


Longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan ± 1Ha Kab. Brebes Jateng.


4 orang korban luka sudah dievakuasi ke Puskesmas Bentar.
Posko Darurat di rumah ketua RT. Abidin Rt.04/01. Warga yang kehilangan keluarganya masih didata.


TNI menyiapkan 2 pleton Yonif 407 utk membantu bila diperlukan. Serta tim Denkes dan Tim Denbekang. ( Red / MJ - 2 )
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD