APKLI GELAR KIRAB BUDAYA MINGGU PAGI DI TROWULAN

Baca Juga

Ketua Umum DPP APKLI Ali Mahsun


MOJOKERTO -  Asosiasi Pedagang Kaki lima Indonesia (APKLI) akan menggelar agenda, Doa Nusantara dan Kirap Obor Merah Putih Kolosal  ” PKL Menggugat Untuk Indonesia Berdaulat “. Dalam rangka memperingati hari jadi APKLI yang ke 25. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 - 25  Februari 2018 disitus  Siti Inggil Desa Bejijong  dan  Pendopo Agung Trowulan Mojokerto, Jawa Timur. Semua itu demi nadzar, untuk mengingat kembali Kejayaan dan kebesaran Kerajaan Majapahit kala itu.


Kepada media, Ketua Umum DPP APKLI Dr Ali Mahsun Kamis (22 /2) bilang, uri - uri budaya atau melestarikan budaya untuk menghidupkan ekonomi kerakyatan. Menghidupkan ekonomi kerakyatan perintah dan kewajiban dari UUD 45 pasal 33 tentang ekonomi.



Dalam acara kirab budaya yang digagas APKLI, dengan versi Majapahitan untuk semangat generasi saat ini dalam membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Doa tersebut ditujukan untuk Bumi Nusantara dan akan dipimpin oleh Gus Imm, Pemangku Adat Budaya Majapahit. Serta melibatkan para pemuka agama ( Islam, Hindu, Budha, Katholik, Kristen Protestan, Kong Hu Cu, Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME), dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mojokerto.
  

Kirab Obor Merah Putih Kolosal PKL Mengugat Untuk Indonesia Berdaulat akan digelar pada Minggu, 25 Februari 2018. Rute Kirab, start dari situs Siti Inggil Desa Bejijong – selanjutnya melintasi Candi Brahu – jalan raya simpang empat Trowulan – jalan Raden Wijaya Trowulan – finish Pendopo Agung Trowulan Mojokerto Jawa Timur. 



Dalam prosesi kirab, peserta akan membawa  lima  obor atau oncor ( red, bahasa Jawa Timur ) Bendera Merah Putih (125 meter), bendera APKLI (125 meter), satu tumpeng Agung, dan atribut bendera merah putih, bendera APKLI, Bendera Harlah dipimpin langsung oleh Presiden PKL Indonesia, Ali Mahsun.


Peserta kirab sebanyak  2525 orang PKL dan pengurus APKLI.  Mereka akan dikawal 9 prajurit berseragam adat budaya seperti pada jaman kerajaan Majapahit. Dengan membawa 25 gerobak PKL, pedagang asongan, sepeda onthel, serta membawa  25 jenis barang dagangan, juga akan digelar teatrikal penggusuran PKL. Sesampai di Pendopo Agung Trowulan disambut sendratari Bedoyo Mojopahit pimpinan Gus Imm.


Selain acara budaya, pengurus AKLI akan menyerahkan beasiswa kepada 25 anak PKL  berprestasi dari Yayasan Kaki Lima Indonesia. Juga dompet modal usaha PKL Indonesia kepada 25 PKL Asongan dari Yayasan Kaki Lima Indonesia, KUR tanpa agunan kepada 25 PKL, pemberian APKLI Award tahun 2018, dan doorprize satu sepeda motor bergerobak, satu gerobak dorong, dua sepeda onthel, dan lainnya.



“Kami mohon doa restu dan dukungan dari segenap PKL di tanah air, rakyat dan bangsa Indonesia untuk suksesnya acara ini demi tegaknya ekonomi rakyat dan kedaulatan ekonomi bangsa dari cengkraman bangsa asing,” ujar Ali Mahsun, pria asli Mojokerto ini.


Doa Nusantara dan Kirab Obor Merah Putih Kolosal PKL Menggugat Untuk Indonesia Berdaulat adalah "HARGA MATI UNTUK MERAH PUTIH DAN NKRI"


Alamat Sekretariat DPP APKLI  di Jl. Cempaka Putih Timur V No.3, RT.5 - RW.7, Cempaka Putih  Jakarta. ( Mj – 01 )  



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD