TNI TIDAK BERPOLITIK PRAKTIS-TNI NETRAL

Baca Juga

Panglima Kodam V Brawijaya Mayjen TN AD Arief Rahman


MOJOKERTO  -  Sebanyak 7000 orang hingga 8000 orang prajurit dari Kodam V Brawijaya, akan dikerahkan guna membantu aparat Kepolisian untuk mengamankan Pemilihan Umum Kepala Daerah    ( Pemilukada ) serentak di Jawa Timur 27 Juni 2018 nanti.


Hal itu diungkapkan oleh Mayjen TNI AD Arif Rahman, Minggu 14 Januari 2018 usai meresmikan “Panti Asuhan Putra Prajurit “ di Asrama Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya ( CPYJ) Mojokerto Jawa Timur .  Kepada wartawan Panglima Kodam V Brawijaya tersebut mengatakan, pihaknya tidak saja mengerahkan prajurit teritorialnya saja, kalau perlu pasukan taktis bersenjata lengkap. Manakala ada pihak asing yang ikut mengganggu jalannya stabilitas nasional pemilihan umum nanti.


Selain itu, Panglima Kodam V Brawijaya itu juga membekali para prajuritnya, untuk mengamankan para tamu asing yang ada di wilayah Jawa Timur. Agar mereka tidak menjadi sasaran kampanye hitam.  Panglima Kodam V Brawijaya juga mendeteksi adanya intelegen dan agen asing yang telah masuk di Jawa Timur untuk memantau perkembangan pemilihan umum kepala daerah secara serentak se -Indonesia tersebut.

Komandan Korem 082 CPYJ Mojokerto Kolonel Gathut Setyo Utomo
Menjelaskan Kepada Panglima Mayjen TNI AD Arief Rahman
Terkait Suasana Panti Asuhan Putra Prajurit


Ketika ditanya soal netralis TNI dalam pemilihan umum kepala daerah, Panglima Kodam V Brawijaya itu mengatakan, tidak perlu meragukan netralitas TNI dalam pemilihan umum. “Itu sudah bagian dari tugas negara kalau TNI itu netral dalam pemilihan umum,”ujar ia.


TNI itu alat negara yang berkewajiban menjaga dan mengamankan stabilitas nasional. “ Dari prajurit hingga jenderal TNI kita cerdas, tidak perlu di kritisi. Kita tidak akan terlibat dalam pemilhan umum,’’tutur ia. Kalau ada TNI yang tidak netral, kita akan proses sesuai prosedure yang berlaku,’’ungkap ia.


Seperti diketahui di Jawa Timur  ada 18 daerah dari 38 daerah Kab / Kota, yang akan melaksanakan pemilihan umum kepala daerah Bupati / Walikota, serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gebernur Jawa Timur secara serentak. Antara lain;


Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kota Malang, Kabupaten Nganjuk,  Kabupaten Jombang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan. 
 
Putra Prajurit  Mendapatkan Tempat Perlindungan
Dari Prajurit Yang Berhati Budiman

Tahapan pendaftaran pasangan bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  sudah dilakukan pada hari Senin tanggal 8 Januari hingga Rabu 10 Januari 2018. Dan, untuk tes kesehatan tanggal 11 Januari hingga 12 Januari 2018. Hasilnya bisa diketahui hari Senin 16 Januari 2018. Untuk perlengkapan berkas persyaratan pasangan calon kepala daerah tanggal 19 Januari hingga 20 Januari 2018.


Sedang untuk penetapan bakal pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tanggal 12 Februari 2018. Untuk pengundian nomor urut bakal pasangan calon kepala daerah dan wakilnya akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2018. Serta masa kampanye dimulai tanggal 15 Februari hingga  23 Juni 2018 dan masa tenang dilaksanakan tanggal  24 Juni  hingga 26 Juni 2018. ( end )

  
Mereka  TNI, Yang Berhati Budiman, Menolong Sesama Yang Lemah
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD