PILWALI MOJOKERTO MENGHABISKAN ANGGARAN Rp.13,9 MILYAR

Baca Juga

H
Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin Berikan Pernyataan Kepada Media



MOJOKERTO – Anggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah ( Pemilukada ) Kota Mojokerto Jawa Timur di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto cukup besar. Pada pemilihan Walikota dan Wawali Mojokerto periode 2018 / 2023, lembaga penyelenggara pemilu tingkat daerah itu mendapat sokongan bantuan dana segar dari Pemkot Mojokerto senilai Rp 13,9 miliar. Nilai tersebut naik dua kali lipat dibanding pilwali 2013 sebesar Rp 7 miliar.

Saat ini, ploting anggaran tersebut sudah dapat dicairkan oleh KPU pasca penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) bersama pemkot dituntaskan. Yakni, melalui beberapa termin pencairan di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPPKA) setempat. ’’Proses NPHD anggaran pilwali sudah rampung. Sekarang, KPU sudah bisa mencairkan untuk mendukung tahapan-tahapan pilwali,’’ ujar Kepala BPPKA Kota Mojokerto Agung Moeljono.

Bantuan bersumber dari APBD murni ini sedianya dicairkan dalam beberapa tahap. Menyesuaikan tingkat rencana kebutuhan di internal KPU. ’’Tahap pertama sudah dicairkan, kalau tidak salah bulan Agustus 2017 tahun lalu,’’ kata Agung. Namun, dia tidak menyebutkan secara rinci pengajuan anggaran per termin oleh KPU tersebut. ’’Di draf NPHD-nya sudah ada. Cuma saya tidak hafal betul berapa rinciannya. Yang jelas sudah dicairkan,’’ paparnya.

Sesuai ketentuan, mekanisme pencairan anggaran pilwali ini tidak berbeda dari sebelumnya. Pasca NPHD dituntaskan KPU dan pemkot, selanjutnya BPPKA akan menyiapkan surat penyediaan dana (SPD). Kemudian, KPU mengajukan anggaran pencairan sesuai kebutuhan kepada walikota untuk proses pencairan. Dari situ, wali kota mendisposisikan kepada BPPKA sebagai lembaga pengelolaan anggaran untuk proses pencairan. ’’Kalau di termin pertama (anggaran) sudah habis. Tahun 2018 KPU bisa mengajukan lagi,’’ papar Agung.

Sementara, Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin Sholihin, menyatakan, anggaran senilai Rp 13,9 miliar ini sudah sesuai dengan penghitungan kebutuhan selama tahapan pilwali. Realisasi penggunaannya, terbagi atas tahapan pencalonan, pendaftaran, sosialiasi, pengadaan barang dan jasa, pengadaan bahan kampanye (BK), kegiatan kampanye, dan honorarium penyelanggara pilkada.
 
Sidak KPU ; Kapolres Mojokerto kota AKBP. Puji Hendro Wibowo
Bersama Ketua KPU Kota Mojokerto dan
Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto
Seperti, pemberian honorarium petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan selama 8 bulan, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). ’’Dibanding pilwali tahun 2013 lalu, anggaran pilwali di 2018 ini memang naik dua kali lipat,’’ kata Amin. ’’Salah satu pertimbangannya adalah masalah kenaikan (disparitas) harga-harga barang dan jasa,’’ ungkapnya

Dia menyebutkan, pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada 27 Juni 2018 nanti, KPU bakal menyediakan 218 tempat pemungutan suara (TPS). Tersebar di 18 kelurahan di tiga kecamatan. Dengan ketentuan, setiap TPS terdiri atas 7 orang petugas KPPS dan 2 anggota linmas (Hansip). Namun, jumlah ini menurun dibanding pilwali 2013 lalu yang mencapai 326 TPS. ’’Sebab, kita memaksimalkan jumlah pemilih di setiap TPS, maksimal hanya 500 pemilih,’’ tandas Amin.

Rosidi Idhom, komisioner divisi keuangan, umum dan logistik, menambahkan, terdapat beberapa pos anggaran yang nilainya relatif tinggi. Pos-pos itu di antaranya, sosialiasi, penyuluhan dan bimbingan teknis (bimtek) Rp 1,6 miliar. Pelaksanaan kegiatan kampanye Rp 2,6 miliar, honorarium penyelenggara (adhoc) Rp 2,1 miliar dan honorarium kelompok kerja (pokja) pemilihan Rp 1,5 miliar. ’’Yang tertinggi memang ada di pos honorarium, kegiatan kampanye, sosialiasi, penyuluhan dan bimtek,’’ urainya.


Namun, dia tidak menampik, penyerapan kebutuhan anggaran lain tak kalah tinggi juga ada di pos operasional perkantoran. Seperti pelayanan administrasi perkantoran Rp 719 juta dan perjalanan dinas Rp 944 juta. ’’Total kebutuhan kita di tahun 2017 ini ada sekitar Rp 2 miliar,’’ tutur ia. ( Mj-1)
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD