KOTA MOJOKERTO KLB DIFTERI

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu



MOJOKERTO – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan wilayah Jawa Timur berstatus kejadian luar biasa ( KLB ) difteri, termasuk Kota Mojokerto.


Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Jawa Timur, Christiana Indah Wahyu. Kepada Detak Inspiratif, kepala dinas kesehatan itu mengatakan, sekitar lima puluh ribu lebih warga Kota Mojokerto dari usia 0 - 18 tahun akan diberikan vaksin difteri.


Awal bulan depan Februari, Juli dan Nopember 2018 akan dilaksanakan imunisasi massal. Kota Mojokerto masuk daftar kota berstatus KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri, setalah pada bulan Januari ini ada 6 orang suspect difteri,’’ Jelas ia.


"Kita fokus di kantong-kantong masyarakat seperti sekolahan, perkantoran pemerintah maupun swasta;’’kata ia.
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae yang menular dan berbahaya.


Penyakit ini bisa menjadi obat kematian lantaran sumbatan saluran nafas atas toksinnya yang merawat patogen, menimbulkan komplikasi miokarditis ( peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah ), gagal ginjal, gagal napas dan gagal sirkulasi.


"Difteri itu gejalanya radang saluran nafas, ada selaput putih dan gampang berdarah, dan toksinnya itu yang bahaya, bikin kelainan jantung, meninggal," katanya. Difteri menimbulkan gejala dan tanda yang tidak begitu tinggi, 38ºC, bangunan pseudomembran atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah jika dilepaskan, sakit waktu menelan, kadang-kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening leher dan pembengkakan yang disebut bullneck . (Mj-1)




DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD