PELARI TIDAK SEBATAS OLAHRAGA, LEBIH DARI ITU, BISA MENIKMATI KEBESARAN KEJAYAAN KERAJAAN MAJAPAHIT

Baca Juga

MOJOKERTO – Sebanyak sepuluh ribu orang atlet lari marathon besok pagi bakal meramaikan ‘’ RUN 10 K ‘’ dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 72, yang diselenggarakan oleh Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya Mojokerto Jawa Timur, di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto.



Lomba lari marathon tersebut akan memperebutkan hadiah uang Rp.20 juta. Rencananya akan diberangkatkan oleh Panglima Kodam V Brawijaya Mayjend TNI AD Arif Rahman sekitar pukul 05.30 WIB pagi hari.



Komandan Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya Mojokerto Jawa Timur, Kolonel Kaveleri Gathut Setyo Utomo Si.P mengatakan, lomba lari marathon 10 K dalam rangka Hari Juang Kartika ke 72, kali pertama di selenggarakan.



Para peserta tidak hanya sekedar memperebutkan hadiah uang tunai, mereka akan mendapatkan hadiah hiburan pula. Yang lebih penting lagi, mereka akan menikmati panorama pagi di bumi Majapahit yang tampak indah serta, bisa menikmati kebesaran kejayaan Majapahit, seperti situs Majapahit serta kabut Majapahit yang melegenda yang diciptakan oleh sang Maha Patih Gajah Mada hingga kini.



Lomba tersebut akan dilakukan Kodam-Kodam se Indonesia, hal itu dikatakan oleh Komandan Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya Mojokerto Jawa Timur, Gathut Setyo Utomo Si.P kepada Detak Inspiratif di Pendopo Agung Trowulan Mojokerto, Sabtu 9/12.



RUTE para peserta lari marathon 10 K, Hari Juang Kartika di Trowulan Mojokerto, start dari Pendopo Agung Trowulan – melintasi situs Makam Troloyo – jalan raya Desa Kepiting – situs Candi Tikus – situs Bajang Ratu – situs Kolam Segaran – dan kembali ke Pendopo Agung Trowulan Mojokerto.



Menariknya lagi, para peserta lomba lari marathon akan menikmati pemandangan Kampoeng Majapahit. Mereka berolahraga serasa di jaman kebesaran dan kejayaan kerajaan Majapahit.



Seperti diketahui, Hari Juang Kartika merupakan hari TNI AD setiap tanggal 15 Desember merupakan momentum tersendiri bagi TNI-AD. Peringatan hari lahir TNI-AD tersebut bukan hanya sebuah perayaan semata, melainkan bertujuan untuk mengenang kembali semangat dan jiwa korsa para prajurit TNI-AD, dalam meningkatkan pengabdian kepada nusa dan bangsa.



Jiwa korsa dipercaya berasal dari istilah ESPRIT DE CORPS yang diperkenalkan oleh ahli perang ulung asal Perancis Napoleon Bonaparte. Berdasarkan definisi dari kamus Bahasa Inggris terpercaya Merriam Webster, definisi ESPRIT DE CORPS adalah “the common spirit existing in the members of a group and inspiring enthusiasm, devotion, and strong regard for the honor of the group” (semangat yang dimiliki setiap anggota kelompok dan mengobarkan semangat yang besar, kesetiaan, serta bakti yang kuat akan kehormatan kelompok). Istilah esprit de corps sendiri di perkenalkan oleh Naopoleon Bonaparte dalam sebuah perang, dimana dia menekankan bahwa dalam sebuah pasukan harus ada rasa yang kuat untuk saling membantu, melindungi, menjaga, dan membela kehormatan sesama anngota pasukan. Mereka ibarat satu tubuh, jika satu bagian tubuh terluka maka yang lain akan merasakan.



Kepala Penerangan Korem 082/CPYJ, Mayor Caj Candra Yuniarti, S. S.,  kepada Detak Inspiratif, panitia akan menyediakan hadiah dan door prize menarik bagi para peserta.

“Semua hadiahnya sudah disediakan oleh panitia langsung,” kata ia. ( Mj-1)
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD