MANTAN DIREKSI OPERASIONAL DAN TEKNIK DELTA TIRTA SIDOARJO DIPERCAYA MENJABAT PDAM MAJA TIRTA

Baca Juga

Kabag Humas Pemkot Mojokerto, Chairul Anwar
Ketika Dampingi SekdaKot Umumkan
Calon Direktur PDAM Maja Tirta
detakinspiratif.com – Pemkot Mojokerto, akhirnya pilih Iwan Prasetya, ST.MMT, MT sebagai direktur PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto setelah melalui seleksi tes ketat. Yang diselenggarakan oleh Sekrtariat Pemkot Mojokerto.

Warga asal Perum BCF Sekawan Blok L - 7 Sidoarjo Jatim tersebut, lolos dan dipercaya sebagai Direktur PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto, setelah menyisihkan 2 orang calon lainnya. Dra. Rachmawati Widyastuti, ST.MT Jl. Srindit No.13 Madiun Jawa Timur. Dan, Mohammad Khairul Anwar, ST.MM Jl. Erlangga No.4 Kantor PDAM Kota Pasuruan Jawa Timur.

Dipilihnya, Mantan Direktur PDAM Sidoarjo Jatim tersebut, selain mampu dalam bidang teknik juga mempunyai kelebihan dalam hal lobbi.

Sementara, Pemkot Mojokerto melakukan lelang jabatan Direksi PDAM Maja Tirta, dikarenakan PDAM Maja Tirta selalu mengalami kerugian.

"Saat ini merupakan tahun kedua bagi PDAM Maja Tirta tak mendapatkan penyertaan modal. Bahkan, tahun 2016 kemarin, pemkot sebenarnya sudah menganggarkan dana Rp 7,425 miliar. Namun karena terus merugi, maka kucuran dana itu dibatalkan," kata Sumarmi Astuti, Kabag Perekonomian Pemkot Mojokerto kepada wartawan.

Untuk tahun 2017 ini, menurut Sumarmi, tak ada anggaran yang dipakai untuk penyertaan modal bagi PDAM. "Terakhir ada penyertaan modal adalah pada 2015 lalu, dimana besarnya Rp 3,465 miliar. Setelah itu tak ada lagi," ujarnya.


Dia menuturkan, tidak adanya penyertaan modal itu tak lepas dari kinerja PDAM yang kurang bagus, sehingga belum pernah untung. Apalagi kerugian pada 2016 kemarin mencapai Rp 1,2 miliar. Selain itu,, jumlah pelanggan PDAM belum memenuhi target. Sesuai target, maka seharusnya jumlah pelanggan sudah mencapai 80 persen dari total jumlah KK di Kota Mojokerto. Namun nyatanya, jumlah pelanggan hanya 34 persen dari jumlah KK, atau 5380 pelanggan saja.


"PDAM belum bisa untung, karena keuntungan digunakan untuk biaya produksi, seperti biaya listrik dan bahan kimia untuk menyuling air dari Sungai Brantas, serta gaji karyawan," ungkapnya. ( Mj – 1)





  
DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD