WARGA KUNJOROWESI BERJALAN 7 KM UNTUK AIR BERSIH, MASIH ADAKAH PEMKAB MOJOKERTO ?

Baca Juga







detakinspiratif.com – Sudah lama kawasan desa Kunjorowesi Ngoro Mojokerto Jatim, kesulitan air bersih. Desa yang dinaungi gunung Penanggungan itu, hingga kini tidak pernah mendapatkan solusi bagaimana mereka bisa merasakan kucuran derasanya air bersih untuk MCK.


Tidak seperti desa dikawasan Mojokerto bagian barat, sumber air bersihnya berlimpah ruah. Ironinya, Pemkab Mojokerto tidak pernah memikirkan kehiduoan warganya yang ada dikawasan itu.


Desa-desa yang kesusahan hanya dijadikan komoditi politik para politikus yang ingin mendulang suara, dengan janji-janji manis. Alih-alih, memperhatikan warga yang kesusahan, Bupati yang sekarang sudah gak ngreken lagi.




 Untungnya ada lembaga kemanusian yang peduli dengan kehidupan berbangsa, dimana tim Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan air bersih ke Desa Kunjorowesi di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Pendistribusian air bersih tersebut dilakukan setelah warga Desa Kunjorowesi kesulitan mendapatkan air bersih.


Kasi Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono mengatakan, distribusi air bersih menggunakan mobil tangki operasional PMI. "Mobil tangki PMI stand by di desa tersebut setiap hari. Setiap harinya, bolak-balik tiga sampai empat kali," ungkapnya, Senin (10/7/2017).


Masih kata Didik, ada delapan dusun yang berada di Desa Kunjorowesi yang mengalami kesulitan air bersih. Yakni Dusun Sunyo, Dusun Badut, Dusun Kunjoro, Dusun Kandangan, Dusun Sumber, Dusun Telogo, Dusun Belahan dan Dusun Putuk. Sementara Kunjoro terletak paling jauh dan posisi jalan yang menanjak.


"Sehingga kita harus mengurangi kapasitas tangki hingga 5.000 liter. Karena tanjakannya cukup tinggi, untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan mau tidak mau kita harus kurangi kapasitas air di mobil tangki. Itupun untuk drivernya kami minta dari warga setempat," katanya.


Menurutnya, jika sopir tangki orang asli warga sekitar maka lebih tahu dan hafal medan. Didik menambahkan, air bersih yang didistribusikan ke sejumlah dusun yang ada di Desa Kunjorowesi, tidak hanya berasal dari PMI saja, namun juga dari instansi atau pihak lain. Namun karena truk tangki milik PMI ukurannya lebih kecil, jadi bisa menjangkau dusun yang medannya sulit.



Sumber air di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto kering. Akibatnya, sejak tiga bulan lalu warga khususnya di Desa Kunjorowesi kesulitan air bersih. Mereka harus berjalan 5 km menuju tandon air dari dusun yang berada di atas yakni Dusun Kunjoro.  ( Mj – 1 ) 


Antri Air Bersih Kunjorowesi

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD