TIMNAS BOLA VOLI INDONESIA MENANG 3 - 1 LAWAN ARAB SAUDI

Baca Juga

Indonesia ( Merah) Melawan Kerajaan Saudi Arabia (Hijau), 3 - 1 ( 25 – 23, 25 – 21, 22 – 25 dan 26 – 24 ).




detakinspiratif.com - Timnas bola voli putra Indonesia pada pertandingan perdananya, dalam kejuaraan bola voli antar club negara-negara Asia di Gor Tri Dharma Petrokimia siang tadi, mampu mengalahkan tim Kerajaaan Saudi Arabia dengan skor 3 – 1 ( 25 – 23, 25 – 21, 22 – 25 dan 26 – 24 ).


Kejuaraan bola voli antar club negara-negara asia ke 19 atau "The 19th Asian Senior Men's Volleyball Championship" di GOR Tri  Dharma Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (24/7).


Pertandingan perdana kedua tim, baik Timnas Indonesia maupun Timnas Kerajaan Saudi Arabia  sama-sama buta kekuatan lawan. Sehingga dalam penampilan perdana, kedua tim bermain  kurang greget.

Samsul Jais Pelatih Kepala Memegang Micropon,
Tengah; Manager Tim Nanang Masbudi
Kiri ; Agung Seganti ( C) 

Meski menang, Timnas Indonesia masih banyak celah yang harus diperbaiki. Seperti dikatakan oleh pelatih Timnas Indonesia Samsul Jais. “ Secara teknis permainan bola voli modern, tanpa smash keras,”ujarnya.


Namun, Samsul Jais juga mengakui kekurangan seperti defend, service, blok serta komunikasi tim yang belum solid.


Untungnya, Timnas Arab Saudi tidak terlalu istimewa dalam pertandingan perdananya, dalam kejuaraan bola voli antar club senior negara-negara Asia. Sehingga, Timnas Indonesia meraih kemenangan.


Kapten Timnas Indonesia, Agung Seganti mengaku timnya bermain kurang lepas. “ Mungkin laga perdana, kami butuh adaptasi dalam atmosfir pertandingan antar negara ini, ‘’tuturnya.


Agung Seganti ( C) Timnas Indonesia


Agung berjanji dalam pertandingan melawan negara Kazakhstan besok, akan bermain maksimal.


Sementara Manager Timnas Indonesia, Nanang Masbudi menargetkan Timnas Indonesia dalam kejuaraan bola voli antar club negara-negara Asia ke 19  di Gresik Jawa Timur, masuk 8 besar.


“ Kita Targetkan masuk 8 besar saja, di Kejuaraan bola voli antar club Asia ini, ’’ungkapnya kepada wartawan saat press confrence. Target yang sebenarnya, di pesta olahraga se – Asia Tenggara atau Sea Games XXIX, 2017 di Kuala Lumpur Malaysia nanti.


Sementara pelatih dari Timnas Kerajaan Saudi Arabia ( KSA) Garcia Ramon asal Cuba mengatakan, pemainnya dalam bermain masih canggung. Mereka buta akan kekuatan Timnas Indonesia. Instruksi pelatih tidak bisa diterjemahkan oleh timnya.


Timnas Arab Saudi, Pelatih Kepala Garcia Ramon ( Kiri ),
(Hijau) Albakheet (C)
( Kanan )  Manager Tim Madkhaly Turky 


Sehingga, mereka harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia. Dalam pertandingan berikutnya melawan Qatar mereka akan bermain ofensif.


Kejuaraan bola voli antar club negra-negara Asia ke 19 ini, diikuti 16 negara. Heyzer yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) itu mengatakan seluruh peserta akan ditampung di Hotel Wyndham Surabaya.


Sebelumnya, Ketua Umum PP PBVSI Komisaris Jenderal Polisi lmam Sudjarwo menargetkan Timnas bola voli putra Indonesia masuk delapan besar pada kejuaraan ini. Target ini dicanangkan untuk mengunci peluang agar bisa ikut kembali pada ajang ini dua tahun mendatang.


"Harapan kami bisa masuk delapan besar, sehingga otomatis dua tahun lagi tidak perlu melalui kualifikasi di tingkat ASEAN, sekaligus membuktikan jika Timnas mampu bersaing dengan tim bola voli Asia," kata Imam.



Imam mengakui target tersebut sangat realistis bagi Timnas Bola Voli Putra  Indonesia, sebab pesaing dalam ajang ini sangat kuat, salah satunya adalah Iran yang merupakan juara dunia bola voli, dan Jepang yang merupakan juara dalam ajang ini dua tahun sebelumnya.


"Dengan target delapan besar, diharapkan target emas bola voli putra pada SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur bisa tercapai," katanya.


Kejuaraan ini digelar di dua tempat yakni GOR Petrokimia dan GOR Wahana Eskpresi Pusponegoro, dari  tanggal 24 Juli sampai 1 Agustus 2017.


16 negara yang ikut dalam kejuaraan ini, Kerajaan Saudi Arabia ( KSA) , Australia (AUS), China ( CHN ), Hong Kong ( HKG ) , Indonesia ( INA ), Irak ( IRQ ), Iran ( IRI ) , Jepang ( JPN ), Korea ( KOR ) , Kazakhstan ( KAZ ) , Pakistan ( PAK ), Qatar ( QAT ), Srilangka ( SRI ), Thailand ( THA ), Vietnam ( VIE ), dan China Taipei ( TPE ).


Kejuaraan ini dibagi empat grup dengan masing-masing grup ada empat negara, dan Indonesia bersaing bersama Qatar, Kazakhstan dan Kerajaan Saudi Arabia untuk memperebutkan dua posisi teratas agar bisa maju ke babak delapan besar, sekaligus merebut tiket untuk ajang serupa dua tahun lagi.


Dari total 16 negara yang ikut, dua negara merupakan pesaing Tim Putra Voli Indonesia pada SEA Games XXIX/2017, yakni Thailand dan Vietnam. (end)



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD