RIZAL FARZANA RAIH PERAK KEJURPROP PANJAT TEBING

Baca Juga








detakinspiratif.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jatim menggelar kejurprop kelompok umur, di kantor KONI Jatim mulai tanggal 18 – 20 Juli 2017 kemarin. Dan, diikuti oleh beberapa daerah di Jatim yang mempunyai atlet panjat tebing.



Kota Mojokerto juga menurunkan 4 atlet panjat tebing kelompok umur. Dan, satu mendapatkan medali perak atas nama Rizal Farzana Wijaya akrab dipanggil Firza, turun dikelompok umur 7 tahun, spyderkid C ( Lead, Speed ).



Firza rengking 2 dan mendapatkan perak, dan harus mengakui keunggulan atlet Kota Surabaya atas nama Rama Gusti Mauludin yang mendapatkan emas. Sementara atlet panjat tebing dari Kabupaten Gresik mendapat tempat ke tiga atas nama Achmad Galang Dwi Prawira dengan mendapatkan medali perunggu.



Sementara atlet Kota Mojokerto lainnya seperti Tian, yang turun di kelompok Yunior ( Lead, Boulder, Speed ) gagal meraih point, begitu juga dengan Hamidah kelas Youth A ( Lead, Speed ). Kelompok umur Putra Yunior yang diwakili Admiral kelas Youth B (  Lead, Speed ) juga penampilannya butuh jam terbang lagi.



Kejurprop panjat tebing kelompok umur ini, bagian dari agenda penting FPTI Jatim. Untuk mempersiapkan atletnya menghadapi PON Remaja yang akan dilaksanakan di Jateng.



Seperti yang di agendakan oleh FPTI Jatim,  menurut ketua Harian FPTI, Dhanu Iswara, satu-satunya agenda terkait program kerja yang akan dilaksanakan adalah kejuaraan tingkat provinsi (Kejurprov) untuk kelompok umur (KU).  



Masih menurut Dhanu, kejurprop. Panjat tebing kelompok umur ini tak dapat ditunda, mengingat agenda ini merupakan ajang seleksi atlet untuk mengikuti kejurnas. "



Nantinya, sebanyak enam nomor berdasar kelompok umur akan dipertandingkan di kejuaraan ini. Nomor ini antara lain, Spider Kid C (7-9 tahun), Spider Kid B (10-11 tahun), dan Spider Kid A (12-13 tahun). Selanjutnya, ada Youth B (14 tahun), Youth A (15-16 tahun), dan Junio (17-18 tahun). "Ini sesuai dengan nomor yang dipertandingkan di Kejurnas nanti," tandas Dhanu.



Pengprop Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jatim mendapatkan kabar baik, jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja tahun 2017 mendatang.



Satu di antaranya, dengan adanya kepastian cabang olahraga ini masuk dalam daftar yang dilombakan pada ajang yang rencananya akan berlangsung di provinsi Jawa Tengah tersebut.


Kepastian ini didapatkan FPTI Jatim usai rapat dengan jajaran pengurus KONI Jatim. Menurut sekretaris FPTI Jatim, Gugus Eka, pihaknya diminta oleh KONI Jatim untuk mempersiapkan atletnya jelang kompetisi tersebut sejak jauh hari.



Sebab, ini adalah kali pertama keikutsertaan panjat tebing di ajang PON Remaja, setelah pada PON Remaja I tahun 2014 silam cabor ini tak dimainkan.



"Berdasarkan rapat dengan KONI, kami diberitahukan bahwa panjat tebing masuk dalam cabor yang dilombakan. Ada delapan nomor yang nanti dimainkan di sana," ujar Eka



Kedelapan nomor ini adalah, (1) Lead putra, (2) lead putri, (3) boulder putra, (4) boulder putri, (5) speed wr putra, (6) speed wr putri, (7) speed klasik putra, dan (8) speed klasik putri. Jumlah ini sebenarnya jauh lebih rendah dari usulan Pengurus Pusat (PP) FPTI yang mana mengusulkan 19 nomor.



"Ada 19 nomor yang diusulkan PP FPTI. Selain itu, kuota atlet yang diberikan (penyelenggara) cuma 108 atlet dari 200 yang diusulkan," jelas Gugus.



Meskipun demikian, pihaknya akan tetap berusaha untuk mengirimkan atletnya pada seluruh nomor yang dimainkan di ajang multievent ini. "Target awal kami akan mengarah ke sana," papar Gugus.



Sebagai tindak lanjut dari pemberitahuan tersebut, FPTI Jatim pun akan membawanya sebagai bahan rapat Rapat Kerja Provinsi tahun 2017.




"Tahun ini kami akan fokus di PON terlebih dahulu. Ajang ini (PON Remaja) akan menjadi agenda lanjutan kami usai PON," kata ia. ( red / Jtm -1)

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD