POSYANDU RAUNG MERAPI JUARA DUA NASIONAL

Baca Juga

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus Beserta
 Ketua Umum TP - PKK Pusat, dr. Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo






detakinspiratif.com - Posyandu Raung Merapi Kelurahan Wates Kecamatan Magersari Kota Mojokerto, mendapatkan penghargaan sebagai Pakarti Utama II (dua), pemenang Posyandu Terbaik Tingkat Nasional – Kategori Kota se – Indonesia.



Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Umum TP - PKK Pusat, dr. Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, kepada Ketua TP PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus, pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Lampung, Jum’at (14/7/2017) kemarin pagi.


“Selamat kepada Posyandu Raung Merapi, terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat. Semoga terus semangat untuk berinovasi dan berprestasi.”


Posyandu Raung Merapi di lingkungan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto itu, tengah mengikuti lomba posyandu, bina balita KB dan PAUD tingkat nasional mewakili Jawa Timur di tingkat nasional.


Sebagaimana diketahui, dipilihnya Posyandu RAPI karena mempunyai banyak terobosan.

Posyandu Raung Merapi mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional, semoga bisa menjadi contoh tingkat nasional.


Tak kalah penting, juga meningkatkan semangat para kader kesehatan serta masyarakat untuk meningkatkan kemandirian dalam membangun tonggak fondasi generasi berkualitas sebagai investasi bangsa lewat taman posyandu.


Diharapkan ada masukan dalam proses penilaian. Dan, mungkin perlu ditetapkan sebagai kebijakan pemerintah untuk membangun taman posyandu. Taman posyandu adalah program sinergi pemerintah dan masyarakat yang mempunyai andil penting dalam mewujudkan generasi yang berkualitas, berkepribadian, dan berdaya saing tinggi.


Yang mana, hal tersebut dimulai sejak usia dalam kandungan.  
Selama ini Pemkot Mojokerto sendiri telah memfasilitasi program-program OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang terkait untuk pengembangan taman posyandu. Salah satunya menstimulasi pemberdayaan masyarakat.



Seperti bank sampah dengan umrah gratis, pemberian makanan tambahan bagi bayi, dan ibu hamil, pemberdayaan ekonomi syariah dan pengembangan infrastruktur sarana dan prasarana. ’’Sebagaimana yang diperlukan dalam rangka meningkatkan peran pemberdayaan masyarakat dalam taman posyandu,’’ terang dia.


Terlebih, Kota Mojoketo pada 25 April 2017 mendapat penghargaan inovasi terbaik dengan penerimaan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Bakti Praja Nugraha Peringatan Ke-4 Kategori Kota Berkinerja Terbaik Tingkat Nasional.



Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus mengatakan, taman posyandu bukan lagi tempat untuk sekadar bayi ditimbang dan mendapatkan makanan tambahan. Tetapi lebih sebagai wadah untuk pemberdayaan masyarakat membangun investasi untuk negeri ini.




Mulai dari ibu memantau dan mempertahankan status kesehatan saat hamil. ’’Taman posyandu merupakan upaya untuk memandirikan masyarakat, memantau kesehatan, pertumbuhan perkembangan dari lingkungan keluarga. ( Mj – 1 )

DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD