TOL SUMO BEROPERASI 19 JUNI 2017

Baca Juga

 UNTUK MENGURANGI KEMACETAN ARUS LALULINTAS MUDIK BALIK HARI RAYA IDUL FITRI


Tol Surabaya Mojokerto Siap Beroperasi 19 Juni 2017




detakinspiratif.com – Jelang hari raya idul fitri 2107, PT MHI (Marga Harjaya Infrastruktur), mendukung upaya pemerintah mewujudkan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2017. Saat ini PT MHI terus mengebut pengerjaan ruas tol seksi 2 dan 4 agar bisa dipakai untuk mengurangi kepadatan arus lalulintas di jalur utama Surabaya-Madiun.

“Kami sedang berusaha secara maksimal menyelesaikan seksi 2 dan 4, sekalipun kemungkinan yang bisa digunakan baru satu jalur”, demikian disampaikan Anggoro Legowo, Direktur Teknik dan Operasi ASTRA Infra Toll Road Jombang – Mojokerto.

Tol Jombang-Mojokerto terbagi dalam 4 seksi. Yaitu seksi 1 dan 3 yang telah beroperasi tahun lalu, serta seksi 2 dan 4 yang masih dalam proses konstruksi. Legowo menjelaskan semua ruas Tol JombangMojokerto sepanjang 40,5 kilometer sudah tersambung sebelum Idul Fitri. “Namun keputusan dapat difungsikan atau tidaknya seksi 2 dan 4 bukan dari kami, melainkan instansi terkait”, imbuhnya.


Kandep Lalulintas, Andreas


Selama mudik lebaran 2017 tol Jombang-Mojokerto memiliki:
A. Jalur Tol Operasional (JTO)? Seksi 1 yang menghubungkan wilayah Jombang bagian tengah (Kecamatan Tembelang) ? Seksi 3 menghubungkan Mojokerto (Kecamatan Jetis) - Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg).

B. Jalur Tol Fungsional (JTF) ? Seksi 2 menghubungkan Jombang–Mojokerto Barat ? Seksi 4 menghubungkan Bandarkedungmulyo-Batas Barat tol Jombang-Mojokerto
RUTE ARUS MUDIK DARI SURABAYA KE ARAH NGAWI MELALUI TOL JOMBANG – MOJOKERTO

Pemudik yang berasal dari Surabaya dan akan menuju arah Mantingan, Ngawi, atau Kediri dapat melalui beberapa akses tol sebagai berikut:

1. Pemudik dapat masuk melalui seksi 4 tol Surabaya – Mojokerto atau gerbang tol Penompo, dan keluar gerbang tol Mojokerto Barat; atau,

2. Pemudik dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalur Tol Fungsional (JTF) seksi 2 hingga ke jalur tol operasional seksi 1 ruas tol Jombang – Mojokerto, kemudian putar balik di gerbang tol Bandarkedungmulyo (tersedia dedicated u-turn) menuju JTF seksi 4 hingga keluar perempatan Kertosono, tanpa melewati pertigaan Mengkreng.

RUTE ARUS BALIK DARI NGANJUK KE SURABAYA MELALUI TOL JOMBANG – MOJOKERTO

Sedangkan untuk arus balik lebaran, pemudik yang berasal dari Nganjuk/Kediri menuju Surabaya dapat melalui akses masuk dari perempatan Kertosono ke arah seksi 1 tol Solo – Kertosono.
Pemudik dengan tujuan Jombang dapat keluar di gerbang tol Bandarkedungmulyo atau gerbang tol Jombang.

Apabila tujuan ke Surabaya, pemudik dapat meneruskan melalui jalur fungsional seksi 2 hingga jalur operasional seksi 3, dan keluar di gerbang tol Mojokerto.

Hingga hari ini, pemerintah mengharapkan agar jalur fungsional dapat dimulai pada H-10, yakni tanggal 15 Juni 2017.

ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto berupaya mendukung pemerintah dengan memaksimalkan persiapan jalur fungsional agar dapat digunakan oleh pemudik. Kepala proyek seksi 2, Samsul Chair mengatakan bahwa jalan jalur fungsional yang disiapkan sudah dalam kondisi rigid. Diharapkan jalur ini dapat mengurai kemacetan di by pass Mojokerto dan pertigaan Mengkreng, yang merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Nganjuk, Kediri dan Jombang).

Jalur Tol Fungsional ini rencananya hanya dapat digunakan oleh kendaraan golongan 1, non bus dan non barang. Pelaksanaannya dimulai pukul 06.00 – 17.00 WIB, atau sesuai kondisi cuaca, serta tidak dikenakan tarif/biaya atau Gratis.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang melewati Jalur Tol Operasional, ASTRA Infra Toll Road JombangMojokerto akan memberikan diskon tarif 10% khusus untuk pembayaran menggunakan uang elektronik atau e-Money Bank Mandiri. Diskon tarif ini berlaku mulai H-3 sampai Hari Lebaran ke-2 dan H+4 sampai H+6 setelah Hari Lebaran.

Pada arus mudik tahun ini, berbagai peningkatan layanan bagi pengguna jalan Tol Jombang - Mojokerto telah dilakukan. Untuk memperlancar saat transaksi tol, ASTRA Infra Toll Road Jombang - Mojokerto mengoperasikan 6 gardu tol di Gerbang Mojokerto dan 4 gardu tol di Gerbang Bandar yang semuanya dapat melayani baik secara tunai maupun elektronik.

Melengkapi layanan lalu lintas, mobil derek, ambulance, dan kendaraan rescue disiagakan. Bahkan kendaraan pelayanan lalu lintas jalan tol serta petugas keamanan dan ketertiban akan terus berpatroli di sepanjang jalan tol Jombang - Mojokerto setiap hari selama 24 jam.

Untuk meningkatkan kenyamanan, ASTRA Infra Toll Road Jombang - Mojokerto telah memfungsikan Rest Area yang berada di seksi 1 (KM 678) dan seksi 2 yang berada di desa Kedungmlati untuk istirahat dan beribadah. Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan di sepanjang ruas tol Jombang - Mojokerto dapat menghubungi call center di (0321) 888 123.

Dengan berbagai kesiapan dan fasilitas yang telah dilakukan, diharapkan dapat membantu perjalanan pemudik ke tempat tujuan dengan aman, nyaman dan lancar.




DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS