JOB MARKET FAIR KOTA MOJOKERTO DISERBU

Baca Juga


 PENCAKER DARI LUAR KOTA 

Pencari Kerja Di Job Market Fair 2017 Gor Seni Dan Budaya Majapahit Kota Mojokerto 


NEWSNTALK.Com – Pemkot Mojokerto menargetkan 1.000 pencari kerja asal Kota Mojokerto bisa diterima di antara 40 perusahaan yang ikut andil dalam Job Fair 2017.


Hariyanto Kadis Kouminaker Pemkot Mojokerto
Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto Hariyanto mengatakan, dari sekitar 2.559 lowongan kerja pihaknya mengoptimalkan warga Kota Mojokerto bisa mengambil 1.000 lowongan. Tahun lalu, kata dia, job fair dibanjiri 5.600 pencari kerja. Dari angka tersebut, hanya 800 orang yang berasal dari Kota Mojokerto. Hariyanto menyebut, job fair seperti ini banyak diminati warga dari luar Kota Mojokerto.

“Sementara warga Kota Mojokerto yang merupakan lulusan SMA atau SMK lebih banyak yang memilih melanjutkan ke perguruan tinggi,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto ini. Ia yakin, tahun ini pihaknya bisa mencapai target penurunan angka pengangguran. Karena menurutnya, selama ini job fair memiliki peran besar dalam mengurangi pengangguran. Menurut dia, jumlah pengangguran di Kota Mojokerto bisa dibilang cukup kecil.


Walikota Mas'ud Yunus Tanda Tangan MOU Dengan Pihak Ketiga
“Tahun ini jumlah pengangguran 2.560 orang dan kami targetkan turun 1.180 orang dengan adanya job fair tersebut,” pungkasnya. Wali Kota Mojokerto Masud Yunus mengungkapkan, target job fair adalah mengurangi pengangguran. Pada 2015, kata dia, jumlah pengangguran mencapai 4,88% dan menurun menjadi 3,43% paad 2016. “Tahun ini kami menargetkan penurunan angka pengangguran yang signifikan hingga mencapai 2,34%.

Kami yakin target ini bisa dicapai,” ujar Mas’ud usai membuka Job Fair di GOR Mojopahit. Keyakinan pencapaian target itu menyusul sederetan program yang memang sengaja dibuat untuk menurunkan angka pengangguran. Salah satunya, kata dia, dengan rutinnya digelar job fair, dia yakin hal ini bisa memberikan andil besar penurunan angka pengangguran.

“Job fair seperti ini kan rutin kita lakukan, bahkan bisa setahun dua kali. Dengan begitu, sudah pasti berapa angka pengangguran yang bisa dientas,” katanya. Tak hanya itu, pihaknya juga gencar melakukan program pelatihan dan pemagangan yang dijalankan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja. Menurutnya, program pemagangan ini telah direspons sejumlah perusahaan.


Salah Satu Pencari Kerja Di Job Market Fair Kota Mojokerto

“Hari ini ada salah satu rumah sakit yang membuka program pemagangan dan selama mengikuti pemagangan, calon tenaga kerja juga digaji layak,” tandasnya. Masud menandaskan, untuk pencapaian target penurunan pengangguran itu, pihaknya menekankan kepada Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja untuk melakukan evaluasi.

Ia berharap, program yang digadang-gadang untuk bisa menurunkan tingkat pengangguran berjalan efektif, termasuk setiap pelaksanaan job fair. “Program harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pencari kerja. Namun sejauh ini, job fair sangat efektif,” tuturnya.



DETAK VIDEOS
SPORT VIDEOS

 
PT. DETAK INSPIRATIF INDONESIA ( DE INS SIA )
SIBERLI WWD